4 Vitamin Ini Dibutuhkan Ibu Hamil, Lho!

No comment 931 views

zat gizi

Mengonsumsi makanan sehat memang menjadi kewajiban rutin untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Bukan hanya untuk kesehatan Ibu saja, melainkan juga untuk memaksimalkan perkembangan janin.

Pemenuhan asupan gizi ibu hamil setiap harinya tentu akan mendukung perkembangan janin yang maksimal. Nutrisi yang baik akan membantu mengurangi risiko gangguan kehamilan dan cacat pada janin. Oleh karena itu, Ibu perlu mengetahui vitamin-vitamin khusus yang dibutuhkan untuk memenuhi gizi ibu hamil berikut ini:

  • Vitamin A

Ibu hamil membutuhkan sekitar 770 mg per hari vitamin A untuk menunjang kesehatan calon buah hati. Nutrisi ini banyak terdapat di dalam susu, telur, kentang, wortel, melon, bayam, dan buah yang berwarna kuning atau oranye.

Vitamin A sangat efektif untuk mengurangi gejala hamil yang biasa dihadapi Ibu. Kekurangan vitamin ini menyebabkan xeroftalmia selama hamil, meningkatkan risiko anemia, dan memperlambat pertumbuhan janin.

  • Vitamin B1

Vitamin ini sangat dibutuhkan ibu hamil untuk meningkatkan energi dan mengatur kerja sistem saraf.  Vitamin B1 banyak terdapat pada sereal gandum, kacang merah, kubis, terong, tomat, bayam, jamur, dan kacang-kacangan.

Kebutuhan vitamin B1 untuk memenuhi gizi ibu hamil sebanyak 1,4 mg per hari. Kekurangan vitamin ini akan menyebabkan penyakit beri-beri pada bayi yang baru lahir. Selain itu, rendahnya asupan vitamin B1 selama kehamilan juga menyebabkan neuritif perifer atau peradangan saraf di luar otak.

  • Vitamin B2

Vitamin B2 ini sangat berguna untuk mempertahankan kulit yang sehat, penglihatan yang optimal, dan memenuhi kebutuhan energi selama hamil. Selain itu, vitamin B1 juga penting untuk perkembangan organ reproduksi dan jaringan tubuh janin.

Kandungan vitamin ini banyak terdapat pada susu, telur, daging, ikan, alpukat, jamur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Kebutuhan 1,4 mg vitamin per hari dipenuhi dengan baik agar pertumbuhan janin dan kesehatan ibu hamil berjalan maksimal.

  • Vitamin B3

Vitamin B3 juga dikenal dengan niacin yang dibutuhkan ibu hamil sebesar 18 mg setiap harinya. Vitamin ini baik untuk memelihara sistem pencernaan dan saraf, serta membantu menjaga kesehatan kulit.

Vitamin B3 banyak terdapat pada makanan yang mengandung protein tinggi, seperti kacang-kacangan, beras merah, kentang, telur, sereal, keju, roti, gandum, ikan, daging, dan susu.

Nah, itulah keempat vitamin yang dibutuhkan ibu hamil. Konsultasikan dengan ahli agar gizi ibu hamil bisa terpenuhi dengan baik setiap harinya. Memberikan makanan yang terbaik dan kaya nutrisi selama hamil membuat janin menjadi tumbuh lebih sehat.

author
No Response

Leave a reply "4 Vitamin Ini Dibutuhkan Ibu Hamil, Lho!"