5 Cara Bantu Wanita Hamil Tidur Nyenyak

No comment 1633 views

ibu hamil tidur

Susah tidur menjadi salah satu kendala yang alami wanita hamil ketika perutnya mulai membesar. Wanita hamil perlu membiasakan diri dengan perut yang semakin membuncit dan mencari posisi tidur yang nyaman dengan tubuh baru mereka tersebut.  Selain itu, memasuki minggu-minggu terkahir,intensitas buang air kecil semakin meningkat karena terjadi penekanan pada kandung kemih.

Tak hanya itu, kram badan akan membuat ibu hamil semakin tidak bisa tidur. Namun, jangan sesekali mencoba menggunakan obat tidur ya. Anda bisa menggunakan beberapa cara mudah berikut ini Bu:

  • Menghindari Tidur Siang

Mengantuk pada siang hari merupakan hal wajar dan normal dialami semua orang. Saat memasuki trisemester pertama, rasa kantuk saat siang hari menjadi kawan yang bisa menghambat segala aktivitas kantor. Cukup beristirahat maksimal setengah jam saja sebagai pelepas lelah saat itu. Jika terlalu lama tidur siang, bisa memicu insomnia pada malam hari. sebaiknya, hindari tidur siang apabila tidak benar-benar lelah dan membutuhkan waktu tidur.

  • Bantal Tambahan

Untuk menyangga perut yang semakin membuncit tersebut, topang bagian perut dan punggung dengan bantal empuk ya. Ibu juga bisa meletakkan bantal tersebut di kaki agar membuat tidur malam semakin nyaman dan nyenyak.

  • Hindari Minum Banyak Air di Malam Hari

Menjaga stamina tubuh dengan memperbanyak minum air putih merupakan kebiasaan yang baik. Ada baiknya jika banyak minum tersebut dilakukan pada pagi hari dan siang hari. Saat malam hari usahakan jangan terlalu banyak minum air agar tidak sering terbangun untuk buang air kencing. Dengan demikian, ibu hamil bisa tidur pulas sepanjang malam.

  • Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Nutrisi yang terkandung dalam kudapan berpengaruh pada kualitas tidur lho. Pilihlah makanan yang banyak mengandung karbohidrat tinggi seperti roti atau susu agar tidur malam semakin nyenyak. Sedangkan makanan tinggi protein dapat menangkal sakit kepala yang mengintai tidur malam Anda.

  • Menggunakan Kantung Air Hangat

Kram saat tidur biasanya terjadi saat memasuki trisemester ketiga. Untuk menguranginya, gunakan kantung air hangat dan tempelkan ke bagian badan yang terasa kram. Jangan sampai Anda membiarkan kantung hangat tersebut menempel terus saat tertidur.

Nah, wanita hamil sebaiknya juga rajin berolahraga agar metabolism tubuhnya berjalan lancar. Jangan lupa meminta saran kepada dokter atas masalah tidur yang mengintai Anda ini. Jaga kualitas tidur ya Bu!

author
No Response

Leave a reply "5 Cara Bantu Wanita Hamil Tidur Nyenyak"