5 Gerakan Senam Hamil untuk Bayi Sungsang

No comment 52727 views

5 Gerakan Senam Hamil untuk Bayi Sungsang

Senam ibu hamil untuk bayi sungsang – Beberapa ibu hamil mengalami bayi sungsang, yaitu keadaan dimana bayi didalam kandungan kepala berada di atas, seharusnya posisi yang tepat adalah kepala bayi berada di bawah. Hal ini tentu saja membuat ibu hamil menjadi khawatir jika mendapat berita tersebut karena jika bayi dalam keadaan sungsang Anda harus melakukan persalinan caesar.

Taukah Anda sebenarnya apa yang menyebabkan bayi sungsang? Ini alasannya :

  • Bobot janin rendah, akibatnya janin bebas bergerak. Di usia kehamilan 28-34 minggu, tubuh janin makin membesar sehingga tidak lagi bebas bergerak. Pada usia ini, umumnya ia sudah menetap di satu posisi. Jika posisinya salah, bisa disebut sungsang.
  • Rahim sangat elastis. Biasanya terjadi pada ibu yang pernah melahirkan. Karena rahim elastis, janin berpeluang besar berputar hingga minggu ke-37.
  • Sempitnya ruang panggul, mendorong janin mengubah posisinya menjadi sungsang.
  • Hamil kembar. Memperebutkan tempat sudah pasti terjadi bila dalam satu rahim ada lebih dari satu janin. Setiap janin berusaha mencari tempat yang nyaman, sehingga bagian tubuhnya yang paling besar ada di bagian bawah rahim.

Bagaimana cara menghindari bayi posisi sungsang?

Untuk menghindari posisi sungsang ataupun Anda yang telah mengalaminya dapat melakukan beberapa hal dibawah ini :

  • Tempelkan Benda Dingin

Dengan menempelkan benda dingin pada bagian kepala bayi akan membuat bayi menjauhi daerah dingin tersebut. Maka dari itu letakkanlah benda dingin tersebut dibagian atas perut sehingga kepala bayi akan menjauhi bagian atas perut tersebut dan mengarahkannya ke jalan lahir sang ibu.

  • Menggunakan Senter

Gunakanlah senter untuk mendapatkan perhatian bayi dalam rahim. Arahkan cahaya senter dari puncak rahim (bagian atas perut), kemudian bergerak kearah jalan lahir di bagian bawah. Sekelebatan cahaya yang bergerak cepat dapat menarik perhatian bayi sehingga kepala bayi dapat mengikuti cahaya tersebut menuju jalan lahir.

  • Melakukan Posisi Sujud

Bagi Ibu hamil yang muslim, hal ini tentunya sudah menjadi kebiasaan karena saat mejalankan sholat, umat muslim yang taat pasti melakukan hal ini, dan disarankan juga saat sujud ini bisa lebih lama, namun juga dengan tetap menjalankan syarat sholat itu sendiri. Dan bagi Ibu Hamil yang Non Muslim, Anda juga bisa melakukan gerakan ini untuk menghindari posisi sungsang agar terjadi perangsangan pemutaran janin, dimana tingkat keberhasilan metode ini bisa mencapai 92% jika dilakukan dengan baik dan teratur.

Posisi ini dapat dilakukan sebanyak 5-6 kali sehari dengan durasi waktu 5-10 menit. Posisi ini tidak akan membahayakan ibu hamil, namun ada beberapa ibu hamil yang merasakan sesak dan tidak nyaman jika dilakukan terlalu lama mengingat bayi yang berada di dalam perut sudah berukuran relatif besar.

Oleh karena itu, lakukan posisi ini ketika perut dalam keadaan kosong dan bayi sedang bergerak aktif. Jika ibu sudah merasakan sesak napas, sebaiknya hentikan terlebih dahulu posisi sujud ini, tetapi untuk memaksimalkan hasil dari posisi bersujud ini maka harus dilakukan secara teratur. Gravitasi mendorong kepala bayi ke bagian bawah rahim, melipat, dan bayi kemudian dapat melakukan jungkir balik ke posisi normal.

  • Mengikuti Senam Hamil

Senam ibu hamil memang sangat bagus dan dapat membantu menghindari posisi sungsang pada bayi. Biasanya berupa melakukan senam hamil di kolam sehingga akan membuat otot perut santai dan memberikan ruang pada bayi untuk bergerak serta mengubah posisinya.

Anggapan masyarakat yang salah ketika mengalami bayi sungsang harus memijitnya, padahal memijit dapat membahayakan janin yang berada dalam kandungan. Salah satu cara tepat untuk menangani kasus tersebut yaitu dengan senam kehamilan, dengan senam ini tidak hanya membuat tubuh ibu hamil menjadi bugar namun juga dapat mengatasi bayi sungsang. Berikut gerakan senam ibu hamil untuk bayi sungsang yang harus Anda lakukan.

contoh senam ibu hamil untuk bayi sungsang

1. Knee chest
Gerakan senam kehamilan ini posisinya seperti menungging kearah samping, untuk melakukan gerakan ini jangan sampai menekan perut terlalu kuat, kemudian Anda dapat mengatur nafas yang benar sebanyak sepuluh kali. Lakukan gerakan ini berulang – ulang sesuai dengan kemampuan Anda.

2. Berenang
Berenang adalah salah satu olahraga yang baik untuk ibu hamil selain itu berenang juga dapat mengambalikan posisi bayi yang benar ketika sungsang karena dengan berenang tubuh dan panggul menjadi longgar.

3. Yoga headstand
Yoga headstand merupakan contoh senam ibu hamil yang sedikit ekstrim untuk jika Anda akan melakukan gerakan ini harus mendapat bantuan dari orang lain, selain itu ibu hamil yang menderita hipertensi dan anemia dilarang untuk melakukan gerakan senam ini. Gerakan senam ibu hamil ini sebaiknya juga dilakukan oleh orang yang sudah terbiasa dengan gerakan tersebut.

4. Yoga downward
Senam ibu hamil untuk bayi sungsang yang berikutnya yaitu Yoga downward. Posisi senam kehamilan ini dengan mengangkat perut dan pantat menggunakan kedua kaki dan tangan hingga membentuk posisi melengkung dengan pantat berada di atas.

5. Merangkak
Gerakan ini seperti kucing yang sedang merangkak yaitu dimulai dengan gerakan merangkak kemudian secara perlahan ambil nafas dan lengkungkan punggung.

Itulah beberapa gerakan senam ibu hamil untuk bayi sungsang yang dapat Anda lakukan dirumah, namun lebih baik jika mendapatkan instruksi dari instruktur senam yang berpengalaman. Selain itu Anda juga dapat melihat dari video senam ibu hamil yang dapat didownload maupun dibeli di tempat yang tersedia. Baca juga : 3 Latihan Sederhana Ini Cocok untuk Senam Hamil

author
No Response

Leave a reply "5 Gerakan Senam Hamil untuk Bayi Sungsang"