5 Khasiat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

No comment 2483 views

kacang hijau

Sudahkan Anda mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil? Ya, kebutuhan makanan bernutrisi tinggi untuk kehamilan tidak harus mahal kan Bu. Harga yang dibanderol cukup tinggi belum tentu bisa memenuhi kebutuhan kecukupan gizi harian selama masa kehamilan.

Makanan sehat untuk ibu hamil bisa diperoleh dengan mudah di sekitar rumah dengan harga terjangkau. Buktinya, Anda bisa memanfaatkan kacang hijau sebagai makanan sehat untuk ibu hamil dengan kandungan gizi yang tidak usah diragukan lagi. Biji-bijian ini menjadi favorit karena rasanya enak dan mudah sekali dalam pengolahannya. Umumnya, kacang hijau diolah menjadi bubur atau kolak dengan campuran santan serta gula jawa.

Nah, ibu bisa menyimak informasi mengenai kandungan kacang hijau berikut ini:

  • Asam folat

Tingginya kandungan asam folat sangat baik untuk membantu perkembangan otak janin dan kecerdasannya. Perkembangan sistem saraf bayi juga bisa maksimal dengan banyaknya konsumsi makanan yang mengandung asam folat.

Takut si Kecil menderita cacat bawaan? Tepis anggapan tersebut dengan mengonsumsi banyak kacang hijau karena kandungan baiknya bisa mengurangi risiko cacat otak. Ibu hamil juga tidak akan merasakan sakit pada sumsum tulang belakang seiring dengan perut yang membuncit jika rajin mengonsumsi kacang hijau.

  • Protein

Kandungan protein sebanyak 24% dalam kacang hijau patut untuk dimanfaatkan dengan baik. Protein nabati ini sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang janin selama dalam kandungan. Tentu saja, protein sangat baik untuk penambahan volume rambut janin Bu. Ayo bu, konsumsi kacang hijau agar janin semakin sehat.

  • Vitamin B1 dan B2

Kolaborasi vitamin B1 dan B2 pada kacang hijau sangat baik untuk membantu penyerapan protein, tumbuh kembang janin, dan melancarkan sistem pencernaan ibu hamil lho. Kekurangan kedua vitamin ini bisa menyebabkan konstipasi dan mudah kelelahan.

  • Rendah lemak

Rendahnya kandungan lemak sangat baik untuk menjaga berat badan tubuh ibu hamil. Kebutuhan nutrisi yang tinggi selama kehamilan bisa terpenuhi dan tubuh ideal ibu bisa terjaga dengan baik.

  • Kalsium dan fosfor

Perkembangan tulang janin bisa berlangsung optimal berkat asupan kalsium dan fosfor yang tinggi. Kepadatan tulang ibu juga bisa terjaga sehingga kuat menyangga berat tubuh yang semakin berat. Ibu hamil yang kurang mengonsumsi makanan tinggi kalsium berisiko terkena osteoporosis.

Nah, itulah 5 manfaat kacang hijau yang baik sebagai makanan sehat untuk ibu hamil. Tentu saja, kebutuhan nutrisi yang baik setiap harinya selama kehamilan membantu memaksimalkan perkembangan dan pertumbuhan janin. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi ya Bu.

author
No Response

Leave a reply "5 Khasiat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil"