5 Kiat Jaga Hamil Muda dari Keguguran

No comment 1689 views

5 Kiat Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda dari Keguguran

Hamil muda – Saat ibu hamil muda apalagi ini merupakan kehamilan yang pertama, maka Anda akan mengalami perasaan yang campur aduk antara senang, bingung bahkan cemas. Mungkin perasaan yang mendonimasi adalah bingung, Anda pasti bingung harus berbuat apa dengan kondisi kehamilan pertama ini.

Banyak kejadian ibu hamil muda yang mengalami keguguran, tentunya Anda tidak mau menjadi salah satu diantara mereka bukan? Apalagi jika Anda sangat mengidam – idamkan ingin segera memiliki momongan, tentunya hal ini akan mengakibatkan Anda depresi.

Agar Anda terhindar dari keguguran, untuk itu perhatikan tips menjaga kesehatan ibu hamil muda berikut.

Tips menjaga kesehatan ibu hamil muda

1. Memperhatikan makanan
Salah satu hal penting yang harus benar – benar diperhatikan adalah konsumsi makanan dan minuman. Dalam keadaan ibu hamil muda, kadungan masih sangat lemah. Hindari makanan mentah seperti ikan mentah atau ikan yang diasap, dan olahan daging mentah atau setangah matang, karena olahan makanan mentah tersebut mengandung kontaminasi dari parasit toksoplasma, listeria, atau salmonella. Parasit toksoplasma adalah salah satu parasit berbahaya yang dapat menyebabkan keguguran.

2. Hindari Rokok
Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa rokok dapat merusak janin, bukan hanya ibu hamil muda yang merokok namun ibu hamil yang menjadi perokok pasif pun bisa merasakan dampaknya. Untuk itu selalu hindari rokok agar janin sehat dan terhindar dari resiko keguguran

3. Olahraga ringan
Saat ibu hamil muda melakukan olahraga sangat penting namun olahraga yang dianjurkan adalah olahraga ringan, karena olahraga yang berat justru mengakibatkan keguguran. Contoh olahraga ringan adalah berjalan – jalan setiap pagi untuk mencari udara segar, dengan jalan pagi dapat memperbaiki sirkulasi dalam tubuh selain itu sinar matahari pagi juga memungkinkan ibu hamil muda mengaktifkan vitamin D dalam tubuh secara alami, sehingga membantu penyerapan kalsium dan baik untuk kesehatan tulang.

4. Hubungan intim

Kurangi berhubungan intim pada saat hamil muda, karena dalam usia kadungan ini sangatlah lemah sehingga kesalahan dalam berposisi akan mengakibatkan keguguran secara spontan. Sedapat mungkin, suami melakukan ejakulasi di luar atau menggunakan kondom, sebab sperma mengandung zat prostaglandin yang bisa merangsang kontraksi uterus, dan bisa menyebabkan keguguran.

5. Istirahat dan beraktivitas
Ibu hamil muda harus menyeimbangkan antara istirahat dan beraktivitas. Istirahat sangatlah penting namun terlalu banyak tidur akan mengakibatkan badan merasa tidak nyaman, oleh karena itu melakukan aktivitas harian yang ringan adalah solusinya. Baca juga : Berapa Usia Kehamilan Saat Ini Bu?

 

author
No Response

Leave a reply "5 Kiat Jaga Hamil Muda dari Keguguran"