5 Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil

Makanan sehat untuk ibu hamilMakanan Ibu Hamil – Memenuhi kebutuhan nutrisi yang penting untuk ibu hamil merupakan suatu keharusan supaya janin tetap sehat dan berkembang dengan baik, salah satunya adalah dengan cara mengonsumsi buah-buahan yang menyehatkan. Tidak hanya itu, selain buah – buahan ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang mengandung protein, zat kapur, fosfor, zat besi, Lodium, dan vitamin agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Selain Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dengan makanan bernutrisi, ibu hamil juga dilarang memakan makanan yang terkontaminasi mikroorganisme, seperti : Listeria (menyebabkan keguguran atau keracunan darah), Bakteri E. Coli (Dapat merusak usus dan ginjal), Salmonella dan Toksoplasma(Sebaiknya tidak mengkonsumsi telur dan daging dalam bentuk mentah).

Dan jangan sampai ibu hamil kekurangan nutrisi yang akan mengakibatkan :

  • Bagi ibu hamil :

Anemia.
Perdarahan post partum.
Berat badan tidak bertambah secara normal.
Infeksi post partum.

  • Bagi janin :

Menyebabkan kematian neonatal.
Mengalami cacat bawaan (kebutaan).
Mengalami BBLR (berat badan lahir rendah).
Mengalami BBLRSR (berat badan lahir sangat rendah).
Mengalami KEP (kekurangan energi protein).
Menyebabkan Bayi Prematur.

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di atas, berikut merupakan beberapa makanan yang banyak mengandung nutrisi untuk ibu hamil:

1. Buah-buahan sehat dan sayuran
Jenis buah-buahan tropis dapat memberikan antioksidan sebagai penangkal radikal bebas selain itu juga Anda akan mendapatkan vitamin dan mineral.
Kandungan zat besi dalam sayuran hijau sangat penting untuk mencegah terjadinya anemia atau kurang darah. Jadi, perbanyak makan buah-buahan dan sayuran hijau, kalau bisa hindari makanan untuk ibu hamil yang tidak sehat, seperti gorengan, nanas, durian pada awal-awal kehamilan untuk mencegah terjadinya keguguran.
2. Yogurt Yunani

Jenis yohurt ini mempunyai dua kali kandungan protein dari pada yogurt lainnya. Selain itu kandungan kalsium juga dapat memperkuat tulang dan menjaga Anda tetap sehat.

3. Mengkonsumsi air dan vitmain

Selama masa kehamilan penting diperhatikan vitamin dan air dalam emncukupi cairan dalam tubuh. Sebaiknya minum air putih yang dicampurkan dengan sari buah, tetapi jangan anda beri gula. Minumlah secara sehat tanpa ada gula. Jus seperti alpukat juga bagus untuk kesehatan ibu hamil dan memberikan kesegaran selama kehamilan.

4. Ikan, khususnya ikan salmon

Daging dari ikan Salmon memang terkenal akan kandungan proteinnya yang melimpah, namun tak hanya itu saja, didalam ikan salmon juga terdapat sumber omega 3 yang melimpah. Adanya kandungan inilah yang membuat ikan salmon bagus untuk dikonsumsi ibu hamil.

Selain itu kandungan merkuri yang terdapat pada ikan salmon sangatlah rendah jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya, Sehingga aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Tetapi walaupun ikan salmon baik untuk ibu hamil dalam pengonsumsian jangan berlebihan, cukup 12 ons saja dalam satu minggunya, jangan melebihi batas ini karena hal ini dapat mengurangi bahaya merkurinya.

5. Telur

Asupan ini merupakan asupan yang mudah Anda dapat disekitar rumah Anda. Dengan 12 jenis vitamin dan mineral serta 90 kalori yang terkandung di dalam telur akan memberikan asupan yang cukup untuk ibu maupun bayi.

author
No Response

Leave a reply "5 Makanan Untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil"