7 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

No comment 1895 views

gambar7

khasiat buah naga untuk ibu hamil – Pada awalnya buah naga pertama kali ditemukan di Amerika Tengah dan Amerika selatan . Tapi di Asia juga sudah dikenal cukup lama . Buah naga memiliki bentuk yang khas, warna merah dan kulit yang hampir mirip dengan sisik naga . Buah naga ini sudah populer dikalangan masyarakat selain memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan buah naga juga memiliki khasiat yang baik bagi ibu hamil . Berikut adalah khasiat buah naga untuk ibu hamil :

Manfaat buah naga bagi Ibu hamil

  • Membantu pembentukan sel darah merah

Zat besi yang dihasilkan oleh buah naga dapat mencegah kurang darah atau anemia pada ibu hamil . Seperti yang anda ketahui, wanita hamil sangat mudah diserang penyakit seperti ini . Sementara itu, bayi dalam kandungan ibu hamil juga perlu pasokan nutrisi dan oksigen untuk memaksimalkan pertumbuhannya didalam kandungan . Hal tersebut dapat dilakukan apabila sang ibu tidak kekurangan sel darah merah . Sel darah merah memiliki fungsi untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi bagi sng bayi . Manfaat buah naga untuk ibu hamil juga dapat untuk membantu menambah sel darah merah .

  • Kaya dengan Kalsium

Kalsium dapat mencegah osteoporosis, hal ini tentu saja membantu wanita yang sedang hamil karena beban perut saat hamil semakin berat. Kandungan kalsium ini akan membantu menguatkan tulang-tulang agar tidak mudah capek dan sakit.

  • Banyak mengandung karbohidrat

Dalam 100 gram buah naga mengandung sekitar 9 sampai 14 karbohidrat . Dalam waktu kehamilan, wanita hamil disarankan untuk memiliki kandungan karbohidrat minimal 135 karbohidrat karena karbohidrat merupakan sumber energi utama ibu hamil dan juga untuk memenuhi perkembangan janin yang ada dikandungannya .

  • Banyak mengandung folat

Buah naga memiliki banyak kandungan folat yang dapat memenuhi kebutuhan sel darah merah pada ibu hamil . Pada suatu penelitian apabila ibu yang sedang hamil mengalami kekurangan sel darah merah maka akan berakibat besar jika bayinya lahir mengalami kecacatan atau prematur .

  • Banyak mengandung serat

Dalam satu porsi buah naga, diperkirakan mengandung sekitar 0.3 sampai 0.9 serat yang dibutuhkan ibu hamil untuk membantu mengatur fungsi usus dengan baik . Karena kebanyakan pada ibu hamil mengalami susah BAB untuk megatasi hal tersebut ibu hamil cukup mengkonsumsi makanan yang berserat seperti buah naga .

  • Sumber Energi

Selain karbohidrat, gula juga merupakan sumber energi yang baik jika kadarnya tidak berlebihan. Gula ini akan menjadi cikal glukosa yang akan diserap oleh sel darah merah menjadi energi yang positif. Manfaat buah naga untuk ibu hamil dari gula diperoleh dari jumlahnya yang kecil.

  • Tinggi nutrisi

Masih banyak manfaat dari buah naga bagi ibu hamil contohnya buah naga mengandung vitamin C, kalium dan lain – lain dengan begitu buah naga termasuk juga dalam sumber gizi yang baik bagi perkembangan sang bayi didalam kandungan . Yang lebih penting lagi adalah kandungan vitamin B1 yang sangat baik bagi pertumbuhan janin, asupan protein, dan dapat membantu membakar karbohidrat menjadi energi .

Itulah beberapa khasiat buah naga untuk ibu hamil yang perlu bunda ketahui . Bunda pasti inginkan apabila calon buah hatinya tumbuh dengan baik dan lahir secara normal maka dari itu konsumsilah makanan yang banyak mengandung gizi dan tentunya terhindar dari bahan – bahan kimia yang dapat menghambat pertumbuhan janin . Baca juga yuk tentang 5 Alasan Kenapa Ibu Hamil Dilarang Mengkonsumsi Mie Instan

author
No Response

Leave a reply "7 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil"