5 Manfaat Ubi Jalar bagi Ibu Hamil

No comment 2231 views

gambar10

manfaat ubi jalar bagi ibu hamil – Gizi bagi ibu hamil merupakan hal yang sangat penting . Oleh sebab itu bagi wanita hamil asupan gizi haruslah cukup untuk tumbuh kembang janin yang ada didalam kandungannya . Bagi anda wanita hamil makananlah makanan yang banyak mengandung gizi agar supan gizi anda dan juga janin anda terjaga dengan baik . Salah satu makanan alami yang memiliki banyak gizi dan manfaat adalah Ubi jalar .

Ubi jalar adalah salah satu makanan yang memiliki manfaat dan gizi tinggi yang bermanfaat bagi ibu hamil . Berikut adalah manfaat ubi jalar bagi ibu hamil :

Manfaat yang dapat diperoleh dari ubi jalar untuk ibu hamil

  • Mengandung banyak vitamin A

Pada umunya wanita hamil harus mengkonsumsi setidaknya 700 mikrogram vitamin A perharinya . Sedangkan satu ubi jalar yang yang dimasak beserta kulitnya memiliki sekitar 1.922 mikrogram vitamin A sehingga ubi jalar memiliki manfaat untuk menambah asupan vitamin A bagi ibu hamil sekitar 300 persen perharinya jika dimakan secara teratur .

  • Mengandung vitamin C dan zat besi

Vitamin C dan zat besi sangatlah berperan penting dalam menjaga kesehatan ibu hamil beserta anak yang dikandungnya . Ubi jalar merupakan makanan alami yang banyak mengandung vitamin C dan juga zat besi . Oleh sebab itu seorang ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi ubi jalar untuk memenuhi kebutuhan zat besi dan vitamin C bagi bayi yang ada dalam kandungannya .

  • Mengandung banyak serat

Serat makanan sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh terutama kesehatan dalam pencernaan . Hal – hal yang sering dialami ibu hamil adalah sembelit . Wanita hamil membutuhkan sekitar 28 – 34 serat perharinya . Jika anda mengkonsumsi satu ubi jalar atau secangkir ubi jalar anda dapat mengurangi atau mencegah resiko sembelit saat dalam kondisi hamil . Baca juga artikel tentang 2 Resep Makanan Sehat Ibu Hamil Atasi Mual

  • Mengandung banyak kalium

Manfaat kalium ngai ibu hamil adalah dapat membantu menyusui bayinya tanpa takut kekurangan kalium . Karena wanita yang menyusui harus mempunyai asupan kalium sekitar 5.1 gram perharinya untuk menjaga asupan kalium makan disarankan bagi wanita hamil atau menyusui untuk mengkonsumsi ubi jalar .

  • Mengandug vitamin B6

Mengapa ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi ubi jalar ? Karena vitamain B6 yang terkandung dalam ubi jalar sangat membantu dalam pembentukan sel darah merah dan mencegah mual di pagi hari atau biasa disebut morning sickness .

  • Mencegah kram kaki

Manfaat ubi untuk ibu hamil selanjut nya yaitu untuk mencegah terjadi nya kram kaki pada Ibu hamil, kram kaki ini sangat sering dialami oleh ibu hamil dikarenakan bawaan bayi. Ubi ini mengandung kalium yang dapat mencegah terjadinya kram pada kaki. Konsumsi ubi agar kebutuhan kalium dalam tubuh bunda tercukupi sehingga terhindar dari kram pada kaki. Baca juga: Ini Penyebab Dan Cara Atasi Kaki Ibu Hamil Bengkak!

  • Mencegah nyeri sendi

Manfaat ubi untuk ibu hamil selanjutnya yaitu untuk mencegah nyeri sendi bun, Ibu hamil pasti sangat sering mengalami gangguan kesehatan seperti nyeri sendi ini. Yang dimana kandungan kalium yang terdapat pada ubi ini akan membantu mengecilkan potensi nyeri sendi pada ibu hamil. Kandungan kalium pada ubi ini memang tinggi sehingga mampu menaklukkan nyeri sendi pada ibu hamil. Konsumsi ubi yang cukup agar terserang dari nyeri sendi.

Nah, itulah beberapa manfaat ubi jalar bagi wanita hamil yang perlu anda ketahui bagi anda calon ibu . Jangan sampai anda dan bayi anda kekurangan gizi karena hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan ibu ataupun kesehatan sang anak .

 

author
No Response

Leave a reply "5 Manfaat Ubi Jalar bagi Ibu Hamil"