5 Tahapan Proses Kehamilan Paling Penting

No comment 2242 views

proses hamil

Proses kehamilan memang sulit dijelaskan karena tidak diketahui secara pasti kapan terjadinya pembuahan. Oleh karena itu, dokter atau bidan menghitung usia kehamilan dengan patokan pada hari terakhir haid.

Mengetahui proses kehamilan memang bukan perkara mudah. Untuk itu, Ibu perlu menandai kalender menstruasi agar mudah menghitung usia kehamilan. Jika tanda kehamilan sudah mulai Ibu rasakan, segeralah mengecek dengan test pack atau memeriksakan diri ke dokter. Yuk, ketahui proses kehamilan Ibu saat ini:

  • Ovulasi

Fase ini merupakan lepasnya sel telur dari dalam ovarium saat usianya sudah matang. Ovulasi ini normalnya terjadi setiap bulan sesuai dengan siklus menstruasi. Biasanya, terjadi sekitar dua minggu sebelum periode siklus haid berikutnya.

  • Kenaikan hormon

Sebelum terjadinya ovulasi, sel telur tentu saja lebih dahulu meninggalkan folikel. Folikel ini kemudian berkembang menjadi korpus luteum yang mengeluarkan hormon untuk mempertebal lapisan rahim ketika terjadi kehamilan.

  • Masa tunggu di tuba fallopi

Setelah sel telur lepas dari folikel, ia bergerak menuju tuba fallopi. Sel telur bertahan di saluran tersebut selama 24 jam hingga sel sperma membuahi. Sel sperma bisa bertahan di saluran reproduksi wanita selama 72 jam. Hal ini dapat disimpulkan bahwa masa subur wanita berada pada hari ke 12-16 sejak awal menstruasi.

  • Fertilisasi

Sel sperma yang berhasil masuk ke dalam saluran tuba fallopi dan bertemu dengan sel telur, maka akan terjadi pembuahan (fertilisasi). Penentuan jenis kelamin terjadi pada saat itu juga.

Jika sperma yang membuahi sel telur berkromosom Y, maka anak berjenis kelamin laki-laki. Jika sperma yang membuahi berkromosom X, maka menjadi anak perempuan.

  • Implantasi

Sel telur yang telah dibuahi bertahan di tuba fallopi sekitar tiga sampai empat hari. Saat itulah zigot mulai membelah diri dengan sangat cepat hingga menjadi banyak sel. Pembelahan terus berlangsung dan bergerak perlahan menuju rahim. Embrio menempel dan tertanam dalam rahim yang sudah menebal dan subur. Proses kehamilan ini disebut implantasi.

Nah, itulah proses kehamilan yang perlu Ibu ketahui hingga menjadi janin yang saat ini siap lahir ke dunia. Selalu periksakan diri ke dokter dan memperbanyak konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi agar si Kecil lahir dengan selamat dan sehat.

author
No Response

Leave a reply "5 Tahapan Proses Kehamilan Paling Penting"