6 Cara Jitu Atasi Heartburn Saat Hamil

No comment 21758 views

6 Cara Akurat Atasi Heartburn Saat Hamil

Heartburn saat hamil –¬†Beberapa keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil adalah sakit pada bagian punggung karena tekanan dari perut yang semakin hari kian membesar. Selain itu masalah yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil lainnya adalah Heartburn. Heartburn saat hamil adalah keadaan dimana ibu hamil merasakan panas pada bagian ulu hati atau dada.

Heartburn saat hamil akan sering terjadi pada trimester ketiga kehamilan. Kondisi ini sangat membuat tidak nyaman karena ibu hamil akan merasa terbakar pada bagian dada dan terasa ditusuk – tusuk benda tajam. Namun keadaan ini tidak ada sangkut pautnya dengan penyakit jantung, untuk itu bunda jangan khawatir.

Adapun penyebab heartburn saat hamil adalah bermacam – macam, beberapa diantaranya yaitu karena naiknya asam lambung kearah kerongkongan akibat semakin membesarnya rahim, akibatnya terjadi iritasi pada dinding kerongkon karena makanan bercampur dengan asam lambung. Apalagi jika ibu hamil yang mempunyai penyakit maag maka akan semakin besar resiko terserang Heartburn saat hamil. Selain itu beberapa hal berikut juga memicu terjadinya heartburn pada ibu hamil :

  • Alcohol. Tidak dapat dpungkiri lagi bahwa alcohol memang memiliki sifat panas untuk tubuh dan lambung manusia dan sifat ini dapat memicu timbulnya heartburn.
  • Makanan pedas. Ibu hamil yang suka mengkonsumsi makanan pedas baik yang berasal dari lada maupun cabai dapat memicu timbulnya heartburn saat hami.
  • Makanan yang memiliki tingkat keasama yang tinggi seperti jeruk dan tomat. Tentu saja jenis makanan ini akan semakin meningkatkan resiko meningkatnya asam lambung.
  • Makanan yang bersifat panas dan mengandung banyak lemak, seperti gorengan. Hal ini disebabkan karena sifat dari lemak itu sendiri yang akan sulit untuk dicerna oleh lambung sehingga kemungkinan akan menumpuk di lambung dan memberi tekanan yang berlebih pada esophageal sphincter.
  • Minuman yang mengandung kafein yang sudah tidak dapat diragukan lagi kemampuannya dalam meningkatkan asam di lambung.
  • Coklat. Coklat memiliki sifat yang menenangkan otot-otot pada tubuh manusia. Namun dalam hal ini, kemampuan tersebut justru akan mempengaruhi meningkatnya asam lambung ke kerongkongan.

Bunda jangan khawatir karena heartburn dapat diatasi dengan cara berikut :

Tips mengatasi heartburn saat hamil

1. Menjaga pola makan
Langkah pertama untuk mengatasi heartburn saat hamil adalah disarankan untuk makan dalam porsi kecil namun sering, tujuannya untuk mencegah perut kosong lebih lama sehingga asam lambung bisa dinetralisasi. Dianjurkan untuk makan 6 kali sehari dalam porsi yang kecil daripada makan 3 kali sehari dalam porsi yang besar.

2. Hindari Makanan Pemicu Heartburn
Salah satu cara agar terhindar dari penyakit adalah menghindari segala sesuatu yang menjadi pemicu datangnya penyakit tersebut, contohnya makanan. Makanan yang menjadi pemicu heartburn saat hamil antara lain makanan berlemak, berbumbu tajam, makanan asam, makanan pedas, makanan atau minuman mengandung kaffein atau minuman yang mengandung soda.

3. Hindari makan sebelum tidur
Berbaring setelah makan akan menyebabkan heartburn saat hamil. Untuk itu setelah makan jangan langsung tidur, tunggu 2 hingga 3 jam agar makanan tercerna secara sempurna.

4. Banyak mengkonsumsi sayur dan buah
Untuk mengatasi heartburn saat hamil, bunda harus banyak menkonsumsi sayur dan buah termasuk juga buah pepaya dan juga air kelapa muda. Usahakan untuk menghindari buah pepaya yang masih mengkal.

5. Segeralah Berbaring Saat Merasakan Heartburn
Saat heartburn menyerang, segeralah berbaring dengan posisi tubuh paling atas, dada dan kepala lebih tinggi daripada bagian perut. Hal ini berguna untuk mencegah naiknya asam lambung menuju kerongkongan.

6. Hindari pakaian terlalu ketat
Gunakanlah pakaian yang longgar karena penggunaan pakaian yang ketat justru membuat Anda tersiksa saat mengalami heartburn. Selain itu penggunaan pakaian ketat juga dapat memberikan tekanan yang besar kepada perut sehingga dapat mengganggu janin yang ada di dalamnya.

Itulah keenam cara akurat yang dapat dilakukan untuk mengatasi heartburn saat hamil. Semoga informasi ini dapat bermanfaat sehingga bunda tidak perlu melakukan pengobatan untuk mengatasinya. Baca juga : 3 Langkah Jitu Usir Pegal saat hamil

author
No Response

Leave a reply "6 Cara Jitu Atasi Heartburn Saat Hamil"