6 Khasiat Minyak Kelapa Untuk Ibu Hamil

No comment 58810 views

minyak kelapa

Halo Ibu hamil, bagaimana kabar kehamilan ibu hari ini? Apa janin sudah mulai menendang-nendang? Sabar ya, Bu. Tidak lama lagi, di tengah keluarga ibu akan hadir si Kecil yang bisa menjadi pelipur lara setiap hari. Bu, saat hamil biasanya sering disarankan agar banyak minum air kelapa muda. Bukan hanya air kelapa saja yang bermanfaat untuk kehamilan. Minyak kelapa juga memiliki banyak khasiat untuk kehamilan.

Pohon kelapa termasuk pohon yang bisa dimanfaatkan seluruh bagian pohonnya. Mulai dari daun yang bisa digunakan untuk atap rumah. Buah kelapa yang bisa dimanfaatkan air dan dagingnya. Kini, giliran minyak kelapa yang bermanfaat untuk kehamilan. Yuk, simak apa saja 6 khasiat minyak kelapa untuk ibu hamil.

Manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil

1. Pencegah Pilek dan Flu

Minyak kelapa yang kaya kandungan anti virus, anti jamur, dan anti bakteri membuatnya bisa mencegah pilek dan flu. Dengan kandungannya tersebut, minyak kelapa akan memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin. Oleh karena itu, minyak kelapa dianjurkan untuk diminum sehari 2 kali.

2. Merangsang Produksi ASI

Kandungan asam laurat yang terdapat di dalam minyak kelapa, membantu merangsang produksi ASI. Minyak kelapa ini juga baik diminum saat ibu menyusui. Asam laurat yang terdapat dalam ASI akan membantu memperkuat daya tahan tubuh si Kecil.

3. Mengurangi Keluhan Saat Hamil

Umumnya, ibu hamil sering mengalami morning sickness, mulas, atau sembelit. Minyak kelapa bisa membantu meringankan gejala tersebut. Minyak kelapa dapat membantu menenangkan perut dan membersihkan kerongkonan ibu hamil.

4. Mencegah stretch marks

Minyak kelapa yang bersifat lembap bisa mencegah stretch marks yang timbul pasca kehamilan. Apabila sudah terlanjur memiliki stretch marks, gunakan minyak kelapa sebagai solusinya. Kandungan vitamin E bisa membantu memudarkan stretch marks.

5. Mencegah Iritasi

Gatal-gatal pada bagian tertentu sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Mengoleskan minyak kelapa, misalnya pada bagian perut bisa mengurangi rasa gatal tersebut. Minyak kelapa bisa dioleskan pada puting yang retak saat ibu mulai menyusui si Kecil.

6. Pengganti Susu

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai pengganti susu jika ibu alergi protein. Kandungan yang baik di dalam minyak kelapa bisa menjadi nutrisi yang diperlukan saat hamil. Ibu juga bisa mengonsumsi saat menyusui, agar kandungan yang baik bisa ikut dinikmati si Kecil.

Itulah alasan kenapa ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi minyak kelapa. Anda dapat membuat minyak kelapa sendiri di rumah dengan resep berikut ini. Membuat minyak kelapa sendiri akan sengat terjamin mutu dan kualitasnya karena Anda sendiri yang mengolahnya dan tentu saja bahan – bahan yang dipilih juga terbaik. Ini resep membuat minyak kepala untuk ibu hamil.

  • Siapkan 3 buah kelapa tua ( karena mau diambil santannya jadi harus yang tua ya bunda biar banyak keluar santannya) dan air kelapanya jangan di buang karena akan digunakan untuk memeras santan
  • Semua kelapa di parut
  • Peras parutan kelapa dengan menggunakan air kelapa tadi, jangan dikasih air lagi cukup menggunakan air dari 3 kelapa tersebut
  • Hasil perasan / santannya kita masak sambil diaduk-aduk (Ingat jangan sampai santannya pecah)
  • Aduk terus sampai mengental dan terlihat minyaknya dan ampasnya santan, terus saja diaduk hingga keluar minyaknya banyak kurang lebih 1 gelas kecil bunda.
  • Setelah terlihat minyak dan ampasnya terpisah kita saring ambil minyaknya saja.

Well, ini tidak terjadi pada semua orang, sih. Tapi untuk beberapa perempuan, masa kehamilan dapat mengubah tekstur rambut, lho. Dan biasanya rambut baru yang tumbuh akan lebih keriting. Nah, Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk melembutkan rambut. Selain itu, jika kulit kepala terasa makin kering, lakukan perawatan dengan minyak kelapa pada akar rambut sebelum keramas di pagi hari.

Nah, itulah 6 khasiat dan cara membuat minyak kelapa untuk ibu hamilĀ yang dapat Anda praktekan sendiri di rumah. Konsumsi minyak kelapa secara rutin akan membuat ibu hamil dan janin sehat lho! Selamat mencoba. Baca juga : Ibu Hamil? Yuk Perbanyak Konsumsi Terong

author
No Response

Leave a reply "6 Khasiat Minyak Kelapa Untuk Ibu Hamil"