6 Khasiat Semangka untuk Wanita Hamil

No comment 1522 views

semangka

Dalam menjaga kesehatan kehamilan, memang wanita hamil dianjurkan untuk mengonsumsi banyak kudapan bernutrisi tinggi. Hal tersebut tentu saja bertujuan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin secara maksimal.

Makanan bergizi dapat diperoleh dari aneka sayuran dan buah yang mudah dijumpai di sekitar kita, seperti buah semangka. Biasanya, semangka bisa dijadikan alternatif untuk melepaskan dahaga di siang hari yang panas. Ternyata, banyak manfaat baik yang terkandung di dalam buah ini. Untuk itu, simaklah informasi berikut ini mengenai khasiat buah semangka untuk ibu hamil: (Baca juga: Waspadai 4 Masalah Gizi Balita)

  • Memperbaiki Sistem Pencernaan

Masalah pencernaan yang sering mengintai ibu hamil adalah sembelit atau konstipasi. Untuk menjauhkan dari masalah tersebut sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Buah semangka juga bisa menjadi pilihan kudapan enak yang dapat meredakan gejala sembelit.

  • Mengurangi Pembengkakan

Edema atau pembengkakan ringan pada kaki dan tangan merupakan salah satu kondisi yang umum terjadi saat hamil. Kandungan air dalam semangka yang cukup tinggi dapat membantu mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah dan otot. Dengan begitu, gejala edema bisa segera reda.

  • Meredakan Morning Sickness

Morning sickness biasanya dialami wanita hamil yang berada di trisemester pertama. Rasa mual dan muntah yang terjadi secara terus menerus tentu menjadi penghambat segala aktivitas. Semangka dapat meredakan gejala tersebut saat dikonsumsi pada pagi hari yang akan memberikan tambahan semangat untuk memulai aktivitas. Sebaiknya, rutinlah mengonsumsi jus semangka pada pagi hari.

  • Mencegah Dehidrasi

Wanita hamil tidak diperkenankan untuk mengalami dehidrasi karena akan membahayakan kesehatannya juga janin. Yah, dehidrasi yang terlalu lama akan menyebabkan kontraksi sehingga berisiko terjadinya kelahiran prematur. Semangka mengandung lebih dari 90% air yang dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan ibu hamil.

  • Mengurangi Kram Otot

Selama menjadi wanita hamil, tubuh tentu saja mengalami perubahan drastis akibat adanya peningkatan produksi hormon. Perubahan inilah yang menjadi pemicu terjadinya kram otot dan tulang terasa sakit. Rutin mengonsumsi semangka dipercaya dapat meredakan gejala kram tersebut sehingga segala kegiatan Anda bisa berjalan dengan lancar.

  • Mencegah Pigmentasi

Salah satu hal yang menjengkelkan saat hamil adalah pigmentasi yang dapat mengurangi keindahan kulit Anda. Sebenarnya, pigmentasi ini bermula dari adanya gangguan pada sistem pencernaan sehingga sari-sari makanan tidak bisa diedarkan ke seluruh tubuh dengan baik. Banyaknya kandungan vitamin E pada semangka dapat menurunkan risiko pigmentasi sehingga kulit tetap halus selama kehamilan.

Semangka tidak harus dikonsumsi langsung setelah Anda membelahnya. Kreasikan semangka menjadi sajian enak sehingga terus ketagihan untuk melahapnya. Perlu diingat, meskipun wanita hamil sering mual, tetapi kendala tersebut jangan dijadikan sebagai alasan untuk enggan makan. Yah, kebutuhan nutrisi harian ibu hamil harus terpenuhi, ya!

author
No Response

Leave a reply "6 Khasiat Semangka untuk Wanita Hamil"