6 Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil Yang Disarankan

6 Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil Yang DisarankanOlahraga ibu hamil – bagi ibu hamil olahraga sangat diperbolehkan dan juga. Olahraga selama kehamilan banyak memberikan manfaat bagi ibu hamil, seperti menjaga tubuh tetap fit, kekuatan otot, serta daya tahan tubuh.
Dengan Olahraga juga akan menyehatkan janin , menjaga berat badan, mendapatkan bentuk tubuh kembali, memudahkan proses persalinan, serta dapat membantu mengurangi stres. Stres bisa membahayakan kehamilan, untuk itu ibu hamil tak boleh sering mengalami stres. Dan untuk membantu mengurangi stres maka berolahragakah solusinya.
Olahraga yang dilakukan cukup yang ringan-ringan saja.

Berikut Manfaat Olahraga ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan energi
Olahraga akan memperkuat sistem kardiovaskular ibu hamil yang mana hal ini akan bermanfaat agar wanita hamil tidak mudah capek dan merasa lelah.

2. Mengurangi resiko komplikasi
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga ibu hamil juga dapat menurunkan risiko komplikasi, seperti preeklampsia dan diabetes.

3. Menjaga fleksibilitas otot
Peregangan akan membantu untuk membuat tubuh Anda lentur. Ini sangat baik untuk Anda, karena adanya efek dari hormon kehamilan yang disebut relaksin. Relaxin akan membuat jaringan yang menghubungkan tulang (ligamen) lebih kuat dan lentur. Namun jangan berlebihan dalam melakukan peregangan.

4. Mengurangi tingkat stres
Stress yang rentan dialami oleh ibu hamil disebabkan oleh perasaan excited, cemas, dan khawatir terhadap janin yang dikandung oleh ibu hamil. Dengan melakukan olahraga, hormon serotonin akan meningkat sehingga kadar stress menurun tajam.

5. Tubuh menjadi kuat dan segar
Membuat tubuh sang ibu menjadi lebih kuat dan segar dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

6. Cepat mengembalikan energi
mengembalikan energi dengan cepat setelah melahirkan. Olahraga dapat mempertahankan kekuatan dan kesehatan otot ibu hamil, sehingga setelah melahirkan ibu hamil dapat dengan mudah kembali aktif beraktivitas.

Olaharaga yang tepat untuk ibu hamil:

• Jalan kaki
Berjalan cocok dilakukan oleh bumil, karena tidak menyebabkan keguncangan
• Angkat beban
Angkat beban membantu agar otot oto semakin kuat untuk kesiapan melahirkan
• Yoga
Yoga membantu untuk menjaga fleksibilitas otot
• Pilates
Gerakan olahraga ini akan sangat membantu yaitu dapat menekan fleksibilitas, keseimbangan dan juga ketahanan otot.
• Relaksasi
Relaksasi bisa dilakukan setiap hari bagi ibu hamil
• Sepeda statis
Sepeda statis boleh dilakukan jika sebelumnya Anda telah terbiasa dengan olahraga bersepeda.

Sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter sebelum melakukan olahraga ibu hamil, Lakukanlah sesuai dengan petunjuk dokter pendamping teman-teman semua dan kontrollah agar tidak terlalu capek dan kelelahan.

Baca Juga Mengetahui Gejala Demam Berdarah Pada Anak, Ini Tandanya

author
No Response

Leave a reply "6 Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil Yang Disarankan"