6 Manfaat Renang Bagi Ibu Hamil

No comment 2272 views

6 Manfaat Renang Bagi Ibu HamilRenang bagi ibu hamil – Olah raga renang merupakan salah satu olah raga air yang mempunyai manfaat sangat baik untuk kesehatan dan sangat mudah untuk dipraktekkan. Manfaat renang bagi ibu hamil tidak hanya memberikan kebugaran fisik dan kesehatan tapi juga dapat menyehatkan secara rohani. Berenang bisa menjaga tubuh ibu hamil agar selalu bugar dan sehat.

Berenang bagi ibu hamil mempunyai manfaat sama seperti ketika anda melakukan olahraga aerobik, berlari, atau berjalan yang berfungsi melatih paru-paru dan jantung. Yang berbeda adalah Ketika berenang, suhu badan ibu lebih stabil. Sehingga gangguan pada janin di dalam kandungan akibat meningkatnya suhu tubuh ibu tidak terjadi.

Berikut adalah bermanfaat lain dari berenang untuk ibu hamil

1. Menguatkan otot rahim
Meningktkan pembentukan dan penguatan otot rahim. Berenang dapat membuat ibu hamil kuat otot oto rahim dan panggulnya dan dapat memudahkan ibu saat bersalin.

2. Menurunkan berat badan
Manfaat renang untuk pertumbuhan tubuh memang sangat penting. Dan juga bisa membantu menurunkan berat badan merupakan manfaat dari melakukan olah raga renang. yang merupakan olahraga paling efektif untuk mengurangi lemak pada tubuh adalah olahraga renang . Ketika berenang tubuh tidak akan mudah capek walaupun berenang dalam waktu yang lama. Tidak capek bukan berarti tidak membakar lemak, ketika berenang lebih banyak membakar lemak, jadi berat badan bisa cepat turun.

3. Melatih pernafasan
karena pada kegiatan berenang ada gerakan-gerakan dimana kita melatih pernafasan baik ketika mengambil udara maupun ketika mengeluarkan udara akan berfungsi untuk Meningkatkan sirkulasi udara dalam tubuh.

4. Membangun daya tahan tubuh
aktifitas yang dilakukan selama berenang dapat Membangun daya tahan tubuh dan merupakan manfaat renang bagi kehamilan yang bukan hanya untuk ibu tapi juga janin yang dikandung.

5. Membuat jantung sehat
Manfaat renang lainya yaitu unutk menjaga kesehatan jantung. Berenang bisa memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh dan juga menguatkan otot jantung. Renang merupakan aerobik air yang dapat menyehatkan jantung.

6. Melancarkan peredaran darah
Ibu yang kehamilannya sudah trimester ketiga, berenang dengan gaya dada bisa bermanfaat. Gaya renang tersebut membuat tubuh terasa lebih ringan meskipun perut sudah membesar. Gaya ini juga dapat melancarkan peredaran darah dan mengurangi bengkak di kaki.

Jangan ragu lagi untuk mencoba olah raga renang bagi ibu hamil, mulailah dengan mengenal air. Jika Anda masih takut dengan air, coba berenang di kolam yang dangkal terlebih dahulu, nikmati betapa menyenangkannya berenang.

Baca Juga Ketahui Sejak Dini Gejala Kanker Pada Anak

author
No Response

Leave a reply "6 Manfaat Renang Bagi Ibu Hamil"