8 Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil Muda

No comment 2664 views

seafood

Pantangan Untuk Ibu Hamil Muda – Bagaimana perasaan Ibu saat sedang hamil muda? Adakah keluhan yang sedikit melelahkan? Ya, hal tersebut tentu saja wajar, karena adanya perubahan hormon yang cukup drastis sehingga memerlukan adaptasi.

Untuk menjaga kehamilan, Ibu perlu mengonsumsi banyak makanan bergizi sehingga pertumbuhan janin bisa optimal. Namun, Ibu perlu memahami beberapa pantangan kudapan yang memiliki risiko terhadap kehamilan saat ini. Berikut ini 7 makanan yang perlu dihindari selama hamil yang dibawakan oleh tim katalogibu.com:

Pantangan Untuk Ibu Hamil Muda

  • Makanan Mentah atau Setengah Matang

Sebaiknya, ibu hamil perlu mengindari makanan mentah atau setengah matang meskipun sedang ‘ngidam’. Sebab, kudapan ini dikhawatirkan masih mengandung bakteri atau virus yang dapat mempengaruhi kesehatan Ibu dan janin. Oleh karena itu, upayakan makanan yang Ibu konsumsi memiliki tingkat kematangan yang sempurna.

  • Alkohol

Pernahkan Ibu mengonsumsi red wine? Minuman sejenis alkohol ini mampu memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Meskipun memiliki khasiat untuk tubuh, tetapi hal ini tidak berlaku saat hamil. Semua jenis minuman beralkohol akan bersifat racun jika masuk dalam tubuh janin. Sebaiknya menjauhi minuman beralkohol ya, Bu!

  • Mengonsumsi Seafood

Makanan laut memang terkenal dengan kandungan omega-3 yang baik untuk perkembangan otak janin. Ibu perlu menghindari beberapa jenis seafood yang mengandung banyak merkuri, seperti ikan hiu, kepiting, salmon, udang, dan king mackerel.

  • Kafein

Mengonsumsi kafein selama hamil dapat meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah. Meskipun kopi berlabel tidak mengandung kafein, tetap saja Ibu perlu menghindarinya.

  • Daging Olahan

Nah, konsumsi daging selama hamil memang baik untuk membantu memberikan suntikan nutrisi selama hamil. Eits, namun jangan sekali-kali Ibu mengonsumsi daging olahan yang telah dikemas, ya. Pasalnya, tambahan pengawet dan risiko tumbuhnya bakteri didalamnya akan mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin. Selama hamil ini, ada baiknya jika Ibu memasak sendiri. (Baca juga:Bunda, Perhatikan 5 Pantangan Ibu Hamil ini!)

  • Pemanis Buatan

Kandungan pemanis buatan yang terdapat di dalam beragam makanan perlu menjadi perhatian khusus, Bu. Tentu saja bahan kimia tersebut bisa membahayakan perkembangan janin. Memang, saat hamil disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi gula agar terhindar dari diabetes gestasi. Sebaiknya, memperbanyak konsumsi air putih dan jus segar yang lebih menyehatkan serta berkhasiat tinggi.

  • Kalori yang berlebih

Pantangan untuk ibu hamil selanjut nya yaitu kelebihan kalori bun, nah ketika bunda sedang mengandung memang sangat membutuhkan tambahan kalori, namun tetap dalam jumlah yang cukup dan porsi yang tepat ya bun. Hal ini berguna untuk menghindari masalah obesitas bagi bunda yang sedang hamil.

Ibu hamil yang mengalami obesitas sebelum dan karena kehamilan maka akan meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat badan tinggi atau juga mudah terkena resiko diabetes. Akan tetapi bukan berarti bunda dapat menurunkan berat badan pada masa kehamilan yang menghambat nutrisi untuk janin.

  • Produk Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Mengonsumsi susu selama masa kehamilan memang baik, karena susu bisa menjadi asupan protein, kalsium, dan mineral. Namun, hindari untuk mengonsumsi susu dan segala produk olahan dari susu yang tidak dipasteurisasi. Anda beresiko mengalami keracunan makanan bila tidak mengonsumsi susu tidak dipasteurisasi. Selalu konsumsi susu yang sudah matang dan fresh.

Rajinlah untuk memeriksakan diri ke dokter serta menanyakan makanan yang cocok untuk Ibu hamil. Hindari aktivitas yang terlalu berat terutama saat hamil muda. Ayo, pilih makanan sehat agar janin lahir dengan sempurna. Nah, itulah tadi merupakan  beberapa pantangan makanan bagi ibu hamil muda yang wajib bunda tahu, dan semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi bunda!

author
No Response

Leave a reply "8 Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil Muda"