6 Pantangan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

pantangan ibu hamil

Hai Bu, apa yang saat ini sedang Ibu lakukan? Menjadi seorang ibu hamil tentu saja menjadi dambaan setiap kaum hawa. Meski sangat melelahkan, tetapi kehamilan menjadi momen baru yang ingin dirasakannya. Banyak hal yang rela dilakukan demi menjaga keselamatan janinnya, misalnya saja menghindari pantangan-pantangan saat hamil

Beberapa larangan ini harus diperhatikan baik-baik oleh seorang ibu hamil untuk menghindari risiko yang membahayakan, seperti keguguran dan bayi lahir prematur. Oleh karena itu, Ibu perlu mengetahui beberapa pantangan berikut ini:

  • Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol ini sangat membahayakan kesehatan Anda saat hamil atau sedang tidak hamil. Untuk wanita hamil, alkohol akan menyebabkan anak lahir dengan IQ rendah, cacat bawaan, dan meningkatkan risiko keguguran yang lebih tinggi. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda seorang pecandu alkohol, menghentikan kebiasaan buruk ini saat hamil.

  • Merokok

Banyaknya kandungan zar berbahaya dalam rokok akan memperburuk kondisi janin dan ibu hamil. Saat hamil, Anda juga dilarang terlalu dekat seseorang yang sedang menghisap rokok. Pasalnya, secara tidak sengaja Anda akan menghirup asap rokok tersebut yang memiliki dampak negatif juga.

  • Waspadai Kandungan Merkuri

Ibu hamil memiliki keinginan unik terhadap makanan atau biasa disebut dengan ‘ngidam’. Namun, semua makanan yang diinginkannya tidak harus dipenuhi semua karena bisa jadi kudapan yang diinginkannya tersebut mengandung zat berbahaya, seperti merkuri ini. Merkuri banyak terdapat pada ikan hiu Bu. Jadi, Anda harus pandai-pandai memilih makanan selama hamil ya.

  • Larangan Diet

Lonjakan berat badan terkadang membuat sebagian wanita hamil merasakan stres sehingga memutuskan diet untuk mengurangi porsi makannya. Dengan memutuskan  untuk berdiet, sama halnya dengan mengurangi asupan gizi pada janin. Kekurangan nutrisi saat hamil akan berisiko tinggi terhadap pertumbuhan janin lho Bu.

  • Aktivitas Berat

Ibu hamil dianjurkan untuk menghindari pekerjaan berat yang banyak menguras tenaganya, terutama pada trisemester 1. Jika terlalu berlebihan, aktivitas ini akan membawa risiko keguguran Bu. Ibu hamil yang hobi berolahraga, pilih gerakan ringan ya Bu.

  • Pancaran Radiasi

Paparan radiasi meningkatkan risiko cacat bawaan dan kelainan lain pada janin. Ibu hamil dilarang melakukan foto rontgen ataupun bekerja di pusat radiologi untuk menghindari hal tersebut.

Ada baiknya jika ibu hamil berusaha menghindari pantangan tersebut dan mencermati setiap aktivitas yang membahayakan janin. Anda bisa diskusi dengan dokter saat memulai aktivitas baru Bu. Lakukan yang terbaik untuk janin ya!

author
No Response

Leave a reply "6 Pantangan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil"