6 Posisi Duduk Yang Aman Untuk Ibu Hamil

No comment 1422 views

Ibu hamil duduk

Hai Ibu Hamil! Bagaimana perkembangan janin Ibu? Bicara soal kehamilan, banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kehamilan. Cara duduk Ibu hamil pun perlu diperhatikan. Yuk, simak informasi tentang cara duduk yang aman untuk Ibu hamil.

Ibu, jika ingin duduk dalam waktu yang lama, patutnya harus tahu postur duduk yang nyaman dan aman. Cara duduk bisa membawa dampak yang besar pada kehamilan Ibu. Postur duduk yang kurang tepat dapat menyebabkan sakit punggung dan nyeri perut bagian bawah. Untuk menghindari hal-hal tersebut, berikut 6 posisi duduk yang aman untuk Ibu hamil.

1. Posisi Duduk Ideal

Umumnya, posisi duduk yang terbaik untuk Ibu hamil adalah punggung lurus dengan bahu tertarik ke belakang. Ketika hamil, peningkatan berat badan sangat mempengaruhi ligamen dan otot. Hal ini dapat menyebabkan nyeri pada tubuh. Duduk lurus akan membuat Ibu hamil merasa lebih baik dan dapat menghindarkan dari sakit punggung.

2. Bersandar

Posisi duduk dengan bersandar pada kursi dan sofa akan membantu Ibu hamil terhindar dari sakit punggung. Ibu dapat menambahkan bantal untuk meredakan sakit punggung. Dengan begitu, Ibu dapat duduk dengan nyaman dan tentunya aman untuk janin.

3. Porsi Tubuh Seimbang

Selama kehamilan, Ibu hamil sering mengeluh akibat kaki yang nyeri. Menyeimbangkan porsi tubuh saat duduk maupun berdiri dapat membantu menghindari hal yang tidak menyenangkan tersebut. Jika duduk, bagilah porsi tubuh pada pinggul bagian kiri dan kanan.

4. Ganti Posisi

Sering bergerak atau sering merubah posisi duduk yang baik dan benar dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Selain itu, berganti posisi duduk dapat menghindari rasa pegal serta nyeri. Umumnya, Ibu hamil tidak dianjurkan untuk duduk di posisi yang sama selama 30 menit.

5. Beristirahat Sejenak

Jika tubuh dan pikiran terasa lelah atau Ibu telah duduk selama 30 menit, beristirahatlah sejenak. Sembari beristirahat, Ibu hamil juga dapat melakukan peregangan dengan cara berjalan-jalan kecil di dekat meja kantor. Kegiatan ini dapat membantu Ibu hamil untuk meregangkan otot pada kaki yang tegang.

6. Kaki Terbuka

Setiap kali Ibu hamil duduk, usahakan agar kaki selalu dalam kondisi terbuka. Hal ini untuk menghindari ketegangan pada otot-otot kaki yang harus menahan beban tubuh. Tetapi, usahakan agar kaki selalu berada di area datar pada lantai.

Nah, Ibu hamil memang harus memperhatikan banyak hal. Jangan anggap sepele setiap gerakan yang akan Ibu lakukan. Begitu pula dengan posisi duduk yang aman. Selamat Mencoba!

author
No Response

Leave a reply "6 Posisi Duduk Yang Aman Untuk Ibu Hamil"