6 Tanda Ini Umum Dirasakan Saat Hamil

No comment 3733 views

hamil

Pernahkah Ibu merasakan keluhan selama hamil? Perubahan bentuk badan seiring dengan usia kandungan yang semakin bertambah merupakan hal yang wajar dialami ibu hamil. Biasanya, tanda kehamilan muncul pada trimester pertama dan semakin berkurang seiring bertambahnya usia kandungan. Semua siksaan selama mengandung juga akan lenyap dengan hadirnya buah hati yang menggemaskan di tengah keluarga Ibu nantinya.

Tanda kehamilan yang terkadang menyiksa haruslah dilewati dengan sabar agar Ibu tetap bersemangat menghadapi masa hamil. Dukungan suami dan orang terdekat akan menjadi motivasi tersendiri untuk melewati masa sulit hamil. Untuk itu, Ibu perlu memahami tanda kehamilan yang umum dirasakan berikut ini:

  • Mudah lelah

Saat hamil, Ibu akan merasa mudah lelah dan suka bermalas-malasan di tempat tidur. Hal ini wajar terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan dengan hadirnya janin. Peningkatan hormon progesteron secara drastis juga memicu rasa lelah dalam tubuh wanita hamil. Kelelahan juga dipicu oleh penurunan kadar gula darah dan tekanan darah.

  • Morning sickness

Gejala hamil paling umum dirasakan ini dipicu karena peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang membawa efek pedih pada lapisan lambung sehingga menyebabkan rasa mual. Biasanya, rasa ini akan hilang setelah memasuki trimester ke dua kehamilan.

  • Pusing

Gangguan sakit kepala lebih sering dirasakan ibu hamil karena adanya faktor fisik, seperti rasa lelah, mual, lapar dan perubahan tekanan darah. Perubahan emosional yang biasa dialami wanita hamil juga bisa menjadi pemicu sakit kepala.

  • Sembelit

Peningkatan kadar hormon progesteron mengakibatkan kendurnya otot-otot rahim yang berdampak pada usus. Otot-otot usus yang juga ikut longgar ini memicu sembelit atau susah buang air besar. Namun, ini juga merupakan salah satu cara yang memungkinkan penyerapan nutrisi lebih banyak saat hamil.

  • Nyeri punggung

Mungkin Ibu tidak pernah merasakan sakit punggung sebelum hamil, tetapi hal ini akan akrab dirasakan saat ibu mengandung. Tanda kehamilan sering muncul seiring dengan pertambahan usia kandungan. Ibu hamil sebaiknya sering beristirahat dan tidak terlalu capek untuk mengurangi rasa ngilu di punggung.

  • Sering buang air kecil

Janin yang tumbuh di dalam rahim akan menekan kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil pun akan bertambah. Keadaan ini membuat ibu hamil akan lebih sering buang air kecil terutama pada malam hari.

Nah, itulah tanda kehamilan yang umum dirasakan wanita mengandung. Konsultasikan dengan dokter apabila Ibu merasakan adanya gejala yang mengganggu kehamilan.

author
No Response

Leave a reply "6 Tanda Ini Umum Dirasakan Saat Hamil"