8 Fakta Unik dan Penting untuk Ibu Hamil

No comment 1995 views

7 Fakta Unik dan Penting untuk Ibu Hamil

Fakta tentang ibu hamil – Kehamilan merupakan kado terindah yang telah dinanti oleh setiap pasangan suami istri, namun tak jarang ibu hamil sering dipertemukan oleh kesulitan yang membuat ibu hamil menjadi depresi. Masalah kehamilan memang menjadi berat terutama untuk ibu hamil yang mengandung anak pertamanya. Memang kehamilan bukan perkara mudah karena harus mempersiapkan fisik dan mental, untuk itu perlunya informasi tentang ibu hamil harus digali.

Semua tentang ibu hamil biasanya belum diketahui untuk calon ibu baru yang mengandung anak pertamanya. Berikut fakta tentang ibu hamil yang harus Anda ketahui sebagai panduan untuk Anda yang sedang mengandung.

Fakta tentang kehamilan dan ibu hamil

1. Terjadinya Morning Sickness
Mungkin istilah ini sudah tidak asing lagi ditenlinga Anda baik yang pernah mengandung sebelumnya ataupun yang belum. Namun pengetahuan tentang ibu hamil mengenai morning sickness yang perlu Anda ketahui yaitu fase ini terjadi selama trimester pertama kehamilan namun beberapa ibu hamil juga ada yang mengalaminya hingga persalinan.

Tidak diketahui secara pasti apa penyebab morning Sickness pada ibu hamil namun yang pasti adalah perubahan hormon pada tubuh ibu hamil membuat mereka menjadi lebih sensitif kepada bau – bauan.

2. Sering Buang Air Kecil
Bahkan sebelum Anda sadar Anda sedang mengandung, kemungkinan Anda sudah mulai buang air lebih sering. Meningkatnya frekuensi berkemih adalah salah satu tanda awal kehamilan yang paling umum. Kondisi berkemih yang makin sering ini biasanya akan Anda alami hingga persalinan.

3. Hamil Lebih Dari Setahun
Kehamilan pada umumnya berlangsung selama 9 bulan dan dokter biasanya akan melakukan operasi apabila masa kehamilannya berlangsung lebih lama dari itu. Namun, kehamilan paling lama di dunia berlangsung dalam waktu 375 hari, dan anehnya sang bayi tetap lahir dengan selamat dan mempunyai berat sedikit dibawah 3,5 kg.

4. Wajah Menjadi Berseri – seri
Kulit yang menjadi lebih berseri merupakan hal yang sangat nyata pada wanita hamil. Saat Anda sedang dalam masa kehamilan, jumlah darah yang terdapat dalam tubuh Anda akan meningkat setidaknya 50%. Darah ekstra itu akan mengalir pada area kulit di berbagai daerah, terutama bagian pipi. Selain itu, hor-mon yang berfungsi untuk menghasilkan kelenjar minyak juga akan lebih aktif, sehingga mampu membuat kulit Anda menjadi lebih lembut serta lebih bercahaya.

5. Gatal-gatal
Ini juga normal dalam kehamilan. Gatal-gatal, khususnya pada bagian perut dan payudara, memang cukup menyiksa. Pada banyak bumil, rasa gatal ini seolah tidak dapat diatasi sehingga menggaruk menjadi satu-satunya cara. Akibatnya, garukan akibat gatal ini meninggalkan stretch marks yang tidak sedap dipandang, terutama setelah ibu hamil melahirkan.

6. Mimisan
Kehamilan dapat menyebabkan pembuluh darah di hidung Anda berkembang, dan persediaan darah yang bertambah itu membuat tekanan pada pembuluh tersebut sehingga mudah pecah. Itu sebabnya bumil mudah mimisan dibanding sebelumnya.

7. Kontraksi Tidak Akan Berhenti Setelah Melahirkan
Kebanyakan para ibu hamil masih merasakan kontraksi setidaknya selama beberapa hari setelah persalinan. Kram otot merupakan cara tubuh untuk dapat menghentikan pendarahan berlebih pada seorang wanita setelah melahirkan.

8. Tulang Panggul yang Terpisah

Terdengar menyeramkan dan menyakitkan memang, namun ketika pertama kali seorang wanita melahirkan bayi, tulang panggulnya memang akan terpisah di bagian tengah. Tulangnya tidak patah, namun tulang itu juga tidak akan bersatu kembali seperti semula.

Itulah beberapa fakta tentang ibu hamil yang penting untuk diketahui. Informasi tentang kehamilan di atas dapat menjadi panduan kehamilan, namun jika Anda mengalami hal – hal yang meragukan lainnya segera hubungi dokter. Baca juga : Wajib Kenali Jenis – Jenis Komplikasi pada Persalinan Berikut!

author
No Response

Leave a reply "8 Fakta Unik dan Penting untuk Ibu Hamil"