7 Makanan Sehat Dan Bergizi Yang Tepat Untuk Ibu Hamil

7 Makanan Sehat Dan Bergizi Yang Tepat Untuk Ibu HamilMakanan sehat untuk ibu hamil – Makanan sehat untuk ibu hamil sangatlah penting, karena janin baru mulai tumbuh dan memerlukan berbagai macam vitamin dan mineral agar bisa berkembang dengan baik. Asupan makanan yang sehat sangat diperlukan oleh ibu hamil dikarenakan pada usia ini rentan mengalami keguguran.

Selain itu di trimester pertama gangguan yang seringkali terjadi pada ibu hamil adalah kehilangan nafsu makan, mutah dan mual. Lalu seperti apa makanan sehat untuk ibu hamil?

Berikut adalah beberapa panduan makanan sehat untuk ibu hamil :

1. Pisang
Sumber kalium juga terdapat pada pisang yang bertindak sebagai penambah energi untuk ibu hamil yang mengalami kelelahan. Buah pisang juga gampang dicerna oleh usus karena dagingnya yang lembut serta tidak membuat perut terasa mual ketika ditelan.

2. Makanan yang mengadung folic acid
Folic acid kebanyakan sudah ada pada multivitamin ibu hamil. Selain terdapat pada multivitamin untuk ibu hamil, folic acid terdapat pada brokoli, kembang kol, kol, wortel, jagung, kacang kedelai, jeruk, jambu klutuk, alpukat, sereal berbahan gandum atau jagung.

3. Yogurt Yunani
Yoghurt yunani biasanya memiliki kandungan protein dua kali protein yogurt biasa, hal ini menjadikannya salah satu makanan favorit selama kehamilan. Dan segala jenis yoghurt merupakan sumber kalsium, yang penting dalam diet kehamilan. kalsium yang akan sampai pada perkembangan bayi Anda akkan terbatas jika anda tidak mendapatkan kalsium yang cukup

4. Ikan
Ikan kaya akan kandungan protein dan jugaasam lemak omega 3 yang dapat membantu pembentukan otak jajin. Anda juga harus berhati hati pada jenis ikan tertentu karena kandungan merkuri akan menggangu perkembangan janin . Hindari pula mengkonsumsi ikan yang mentah karena dapat meningkatkan kadar lemak jenuh di dalam tubuh.

5. Keju
Sangat disarankan untuk memilih keju cheddar atau mozzarella karena tidak semua keju baik untuk ibu hamil. keju cheddar atau mozzarella baik karena keduanya menyumbangkan kalsium dan protein yang cukup tinggi pada tubuh. Setiap ons nya terdapat 150 hingga 200 mg kalsium.

6. Aneka buah dan sayuran
Makan berbagai berbagai warna sayur serta buah seperti warna hijau, merah, oranye, kuning, ungu, putih akan memastikan bahwa Anda dan bayi Anda mendapatkan berbagai nutrisi. Setiap kelompok warna yang berbeda memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan.

7. Sereal
Sereal mengandung aneka mineral, vitamin B, karbohidrat, kalsium yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi janin. Kandungan dari gandum utuh dapat mengandung energi dan serat yang disesuikan dengan kebutuhan ibu hamil.

harapan ibu untuk memiliki bayi yang sehat sangatlah besar kemungkinannya dengan memberikan asupan berupa makanan sehat untuk ibu hamil di atas

Baca Juga 4 Tips Menjaga Kehamilan Masa Muda

author
No Response

Leave a reply "7 Makanan Sehat Dan Bergizi Yang Tepat Untuk Ibu Hamil"