9 Tanda-tanda Persalinan Semakin Dekat

No comment 12690 views

pregnant-woman

Sudah memasuki usia berapa bulan kehamilan, Bu? Tentu saja Ibu sudah tahu kalau perkiraan melahirkan bisa dihitung dengan rumus Naegele yang dapat juga digunakan untuk menghitung usia kehamilan. Saat memasuki usia yang cukup, Anda tentu saja memiliki banyak persiapan untuk persalinan.

Ibu juga perlu memahami tanda-tanda wanita hamil yang akan melahirkan. Memang banyak keluhan saat hamil, tetapi hal tersebut harus juga dipahami agar Ibu mengerti apabila hendak bersalin. Berikut ini tanda-tanda persalinan semakin dekat:

  • Perubahan Bentuk Tubuh

Biasanya, menjelang persalinan terjadi perubahan hormon yang berakibat pada perubahan bentuk tubuh ibu hamil. Misalnya, tulang kemaluan yang melebar sehingga membuat dasar panggul semakin lunak. Hal ini tentu akan memudahkan jalan lahir si Kecil. Payudara Anda juga semakin terlihat membesar karena telah memproduksi ASI.

  • Sakit Punggung

Gejala ini paling umum dialami seorang wanita hamil yang hendak bersalin. Oleh karena itu, Anda harus bisa membedakan antara sakit punggung normal dan tanda-tanda hendak melahirkan.

  • Perut Terasa Mengeras

Saat menjelang persalinan, si Kecil mulai turun ke arah mulut rahim. Selain itu, rasa mulas yang dirasakan akan membuat bagian perut semakin mengeras.

  • Kontraksi

Kontraksi identik dengan kerasnya dinding rahim saat menjelang persalinan. Beberapa wanita hamil terkadang tidak menyadari hal ini. Anda harus mengenali dengan benar apa yang saat ini sedang dirasakan karena bisa jadi tidak lama lagi si Kecil segera lahir.

  • Vagina Keluar Lendir

Tanda-tanda akan melahirkan ini disebabkan adanya peningkatan debit lendir dari vagina. Lendir tersebut akan menjadi air saat terjadi persalianan nantinya.

  • Pembukaan

Tanda akan melahirkan yang terakhir adalah kepala bayi sudah berada di bagian pintu rahim, pembukaan sudah mulai berjalan secara perlahan yang secara umum pembukaan ini naik satu persatu sekitar sekitar dua jam sekali yang semakin dekat dengan persalinan.

  • Kepala bayi mulai bergeser ke bawah

Pergeseran posisi bayi ini dapat dirasakan oleh ibu hamil, terutama karena perut bagian atas ibu hamil mulai kosong. Tanda tanda akan melahirkan yang satu ini terjadi karena sang calon bayi sudah menuju ke bagian pintu rahim.

  • Flek Darah

Bukan hanya saat implantasi saja flek bisa terjadi, tetapi menjelang persalinan pun Anda masih mengalaminya. Jika Ibu telah mengalaminya saat ini, segelah menuju rumah sakit dan membawa perlengkapan untuk persalinan karena flek darah menandakan persalinan semakin dekat.

  • Air Kencing Yang Tak Tertahankan

Intensitas buang air kecil saat hamil memang menjadi gejala umum. Pasalnya, saat hamil janin akan menekan kantong kemih sehingga Anda sering ingin ke toilet. Namun menjelang persalinan, Anda merasakan dorongan hebat yang membuat ingin selalu buang air kecil.

9 tanda persalinan tersebut harus dipahami baik-baik. Ibu juga bisa menghitung usia kehamilan sendiri untuk memperkirakan kapan waktu kelahiran.

 

author
No Response

Leave a reply "9 Tanda-tanda Persalinan Semakin Dekat"