Air Liur Berlebih Saat Hamil? Ini Cara Mengatasinya!

Katalogibu – Dalam keadaan normal, biasanya air liur yang dihasilkan dalam sehari kurang lebih sebanyak 0,25 liter. Namun, meningkatnya kadar hormone reporoduksi khususnya progesterone selama proses kehamilan selama trimester pertama meningkat sehingga mengakibatkan air liur berlebih saat hamil. Tetapi, Bunda idak perlu khawatir akan hal itu, karena gangguan ini tidak mengganggu perkembangan janin dan akan berhenti sendiri seiring bertambahnya usia kehamilan.

Peningkatan air liur saat kehamilan juga berhubungan dengan gangguan lambung yang umum terjadi saat hamil. Saat asam lambung meningkat, maka sensor asam dalam esophagus (kerongkongan) akan memicu kelenjar lendir untuk menghasilkan air liur agar bagian itu lebih bersifat basah. Ada pula faktor lain yang menyebabkan air liur berlebih seperti masalah pada gigi dan mulut.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh Bunda untuk mengurangsi produksi air liur berlebih saat hamil :

  1. Banyak mengonsumsi air putih. Untuk ibu hamil, minumlah minimal 10 gelas dalam sehari ( 2-3 liter) . Untuk menghindari rongga mulut yang kering dan air liur tidak diproduksi berlebih. Karena, kondisi yang kering dapat merangsang produksi air liur.
  2. Membersihkan rongga mulut secara rutin ( pagi, siang, dan sore ) sangat penting karena kondisi mulut yang kurang bersih menjadi salah satu penyebab munculnya rasa mual yang dapat memicu produksi air liur berlebih.
  3. Mengunyah permen karet atau permen yang tidak mengandung banyak gula, untuk membantu penyerapan air liur berlebih saat hamil.
  4. Mengonsumsi buah segar yang rasanya sedikit asam seperti jeruk, mangga muda, kedondong, dan buah beri. Dengan begitu produksi air liur berlebih akan berkurang.
  5. Mengonsumsi makanan non tepung seperti selada, paprika, seledri, lobak, telur, keju cheddar dan mozzarella dapat membantu mengatasi banjir air liur.
  6. Cara terbaik mengurangi air libur berlebih saat hamil sebenarnya ialah dengan menelan ludah itu sendiri. Apabila hal ini menimbulkan rasa mual atau kurang nyaman, sebaiknya dikeluarkan tetapi dengan banyak air untuk menghindari dehidrasi pada ibu hamil.

Tidak semua wanita hamil mengalami hal ini, ketika wanita hamil tidak memiliki keluhan atau ketidaknyamanan apapun selama kehamilannya. Beberapa wanita lain mungkin akan mengalami keluhan antara lain air libur berlebih saat hamil pada usia muda, terutama saat mereka merasakan mual. Namun, hal ini tidak akan membawa pengaruh apapun pada janin Bunda. Menjaga kesehatan ibu hamil saat usia muda sangat penting hingga waktu melahirkan tiba. Sekian, semoga artikel ini menambah informasi ya Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Air Liur Berlebih Saat Hamil? Ini Cara Mengatasinya!"