Air Liur Bisa Cegah Kehamilan, Fakta atau Mitos?

Bagi beberapa orang, seks oral adalah salah satu cara untuk memperoleh kepuasan seksual. Bagi mereka, air liur merupakan salah satu alternatif pelumas yang dapat digunakan saat berhubungan intim. Tapi beredar kabar bahwa ternyata air liur yang dikeluarkan saat oral seks bisa cegah kehamilan karen dapat membunuh sperma. Wah, pastinya hal tersebut membuat Anda yang saat ini merencanakan kehamilan menjadi waswas. Apakah isu air liur bisa cegah kehamilan benar adanya, atau jangan-jangan hanya hoax?

Well, Anda bisa menarik napas lega karena ternyata isu bahwa air liur bisa cegah kehamilan hanyalah kabar burung yang sudah dibantah kebenarannya oleh para ilmuwan. Seorang ahli obstetric dan ginekologi dari Amerika Serikat yaitu Zitao Liu mengatakan bahwa air liur memang dapat berpengaruh terhadap kecepatan pergerakan sperma dalam mencapai sel telur, terutama jika terdapat sejumlah besar air liur di dalam vagina.

Namun resiko tersebut hanya terjadi pada pasangan pria yang memang memiliki masalah kesuburan. Sedangkan pada pria yang dapat memproduksi sperma dalam jumlah yang normal dengan kualitas sperma yang baik, maka adanya air liur pada vagina pun tak akan memberikan efek yang signifikan terhadap peluang terjadinya kehamilan. Statement dari pakar kesehatan tersebut juga didukung oleh sejumlah penelitian lain yang menyampaikan

Apabila Anda memang ingin dengan segera mendapatkan kehamilan, maka cara terbaik bukan dengan melakukan seks oral, melainkan dengan metode seks yang berfokus pada penetrasi vaginal. Metode tersebut dinilai memiliki efek yang jauh lebih memungkinkan untuk mendapatkan kehamilan dibandingkan dengan metode seks oral.

Anda juga perlu memperhatikan timing yang tepat untuk berhubungan intim. Salah satunya adalah dengan memperhatikan kapan masa subur Anda tiba. Beberapa ahli berpendapat bahwa masa subur terjadi pada sekitar 5 hari sebelum siklus ovulasi, atau pada hari ke-10 hingga ke -17 setelah hari pertama dari siklus menstruasi.

Tak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan gaya hidup dan pola makanan Anda. Apabila Anda saat ini memiliki berat badan kurang atau lebih dari berat ideal, maka Anda wajib melakukan diet atau memperbanyak asupan makanan bergizi. Anda juga sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman keras dan merokok, karena dua hal tersebut dapat mengakibatkan penurunan kualitas sel telur dan sperma. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

Jadi, sudah tahu kan bahwa air liur bisa cegah kehamilan ternyata hanya sebuah mitos? Semoga informasi ini mencerahkan Anda.

 

 

author
No Response

Leave a reply "Air Liur Bisa Cegah Kehamilan, Fakta atau Mitos?"