Alasan Kolang-Kaling jadi Camilan yang Pas untuk Ibu Hamil

kolang-kaling_20160620_105604

Kolang-kaling, atau glibbertjes dalam bahasa Belanda, adalah jenis camilan yang terbuat dari biji pohon aren yang difermentasikan. Kolang-kaling biasanya berwarna putih, walaupun saat ini terdapat kreasi kolang-kaling dengan aneka warna lain. Tekstur kolang-kaling sangat kenyal, dan walaupun disebut ‘camilan’ kolang-kaling hampir tidak pernah dimakan begitu saja melainkan menjadi bahan pelengkap hidangan es kolak atau es buah. Dan ternyata, ibu hamil pun bisa memperoleh manfaat dari kolang-kaling lho. Apa saja manfaat kolang-kaling untuk ibu hamil dan janin?

 
• Mengatasi Konstipasi
Salah satu manfaat kolang-kaling untuk ibu hamil adalah untuk membantu mengatasi konstipasi. Kolang-kaling diketahui memiliki kadar air yang cukup tinggi. Pada 100 gram kolang-kaling, kebutuhan asupan air sebesar 93,8%. Jumlah yang sangat cukup untuk mengatasi gejala konstipasi, terutama pada saat kehamilan trimester pertama dimana konstipasi menjadi gejala kehamilan yang umum dialami oleh sebagian besar ibu hamil.

Tak hanya membantu mencegah konstipasi, manfaat kolang-kaling untuk kehamilan lainnya adalah membantu mengatasi resiko dehidrasi pada ibu hamil, terutama pada kehamilan trimester pertama, dimana ibu hamil sering menderita mual dan muntah, atau morning sickness.

 
• Membantu Memenuhi Asupan Kalsium
Asupan kalsium yang cukup sangatlah dibutuhkan saat hamil, tidak hanya oleh janin Anda tapi juga untuk Anda sendiri. Produk susu dan turunannya memang sering dijadikan rekomendasi sumber kalsium yang harus Anda kalsium, tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya kolang-kaling juga mengandung kalsium?

Pastinya hal tersebut menjadi kabar bahagia bagi para ibu hamil vegetarian atau ibu hamil dengan intoleransi laktosa. Asupan kalsium yang cukup selama kehamilan tidak hanya dapat membantu proses pembentukan tulang dan gigi bayi, tapi juga mencegah ibu hamil terkena osteoporosis.

 
• Mencegah Anemia
Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan Anda, bayi Anda akan semakin banyak menuntut pasokan darah merah yang cukup. Jika Anda tidak hati-hati, Anda bisa terserang anemia lho, Moms. Maka dari itu asupan zat besi dalam jumlah yang cukup terutama saat kehamilan menginjak trimester akhir sangatlah krusial.

Sebagai variasi, Anda bisa menambahkan kolang-kaling ke dalam camilan sehat Anda. Kolang-kaling diketahui mengandung zat besi dalam kadar yang cukup mengagumkan. Tidak hanya Anda terbebas dari anemia, tubuh Anda pun akan terasa lebih segar dan berenergi.

 
Demikianlah beberapa manfaat kolang-kaling untuk ibu hamil yang menakjubkan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Alasan Kolang-Kaling jadi Camilan yang Pas untuk Ibu Hamil"