Anda Wajib Tahu! Inilah Tanda-Tanda Kanker Payudara!

Tanda-Tanda Kanker PayudaraKanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok paling menyeramkan bagi wanita dari berbagai masa, bahkan penyakit ini menduduki peringkat kedua setelah penyakit kanker serviks sebagai salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit kanker payudara merupakan silent killer yang membunuh korbannya secara perlahan dengan gejala yang samar dan hampir tidak diketahui hingga pada akhirnya sel kanker tersebut meluas ke seluruh jaringan tubuh penderita. Sehingga satu-satunya cara untuk dapat memenangkan pertarungan tersebut adalah dengan mengantisipasi dan mengetahui tanda-tanda kanker payudara sejak awal.

Pengetahuan akan pengenalan tanda-tanda kanker payudara sejak dini pada zaman dahulu sangat terbatas, baik dalam segi teknologi dan pengetahuan hingga setiap tahunnya kanker payudara merenggut nyawa ribuan wanita. Akan tetapi, pada masa modern ilmu kedokteran dan sains tidak hanya dapat mengetahui penyebab dan tanda-tanda kanker payudara saja tetapi mereka juga mampu mengembangkan berbagai macam obat untuk menanggulangi penyakit kanker payudara tersebut.   Baca juga: Gejala Dan Cara Mengobati Rubella Pada Ibu Hamil

Penyakit kanker payudara terjadi akibat adanya sel-sel tubuh liar yang berkembangbiak secara masif dan menginvasi jaringan-jaringan sel payudara yang sehat. Persebaran yang tidak terkendali tersebut pada akhirnya membentuk sel tumor jinak. Sel tumor tersebut apabila tidak segera dideteksi dan ditanggulangi maka dapat berubah menjadi sel tumor ganas yang akan memperbanyak dirinya dan merusak sel-sel jaringan tubuh di luar jaringan payudara.

Dan walaupun samar dan tidak terlihat oleh wanita, benjolan tumor tersebut dapat dirasakan saat Anda meraba payudara Anda. Benjolan tersebut terasa keras dan tidak bergeser ketika ditekan. Benjolan ini pada umumnya berada di area atas, lebih tepatnya pada area sekitar lengan dan ketiak. Selain itu, payudara yang terkena kanker akan mengalami perubahan ukuran yang cukup signifikan dibandingkan dengan sisi payudara yang lainnya. Penebalan kulit di area tersebut juga dapat menjadi indikasi awal dari kanker payudara.

Gejala berikutnya adalah puting payudara tersebut akan tertarik masuk ke dalam. Keadaan tersebut berbeda dari kondisi puting payudara dalam keadaan normal. Selain itu, keluarnya cairan berwarna kekuningan bahkan coklat kemerahan dari puting merupakan tanda dari tumor kanker payudara yang mulai tumbuh membesar. Dan seiring dengan waktu, kulit payudara Anda akan mengalami perubahan, yaitu munculnya kerutan-kerutan seperti kulit jeruk perut, dan warna dari kulit payudara yang berubah kemerahan. Dan jika tanda-tanda di atas diabaikan dan tidak segera dilakukan pemeriksaan, maka sel kanker ganas tersebut akan menjalar ke seluruh jaringan tubuh sehingga mengakibatkan nyeri pada bagian tulang, terjadinya penurunan berat badan yang sangat signifikan, dan terjadinya pembengkakan pada bagian lengan.

Demikianlah tanda-tanda kanker payudara. Penyakit kanker ini dapat menyerang siapapun tanpa melihat umur maupun suku bangsa. Faktor usia, genetik, dan gaya hidup merupakan tiga faktor utama pemicu kanker payudara, dan hal yang Anda dapat lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan payudara secara rutin serta lebih banyak mengkonsumsi sayuran hijau serta buah-buahan.

author
No Response

Leave a reply "Anda Wajib Tahu! Inilah Tanda-Tanda Kanker Payudara!"