Apa Sih Dampak Kelebihan Gizi Pada Ibu Hamil?

Makanan-Ibu-Hamil

Halo, apakah Ibu sudah mengonsumsi banyak makanan hari ini? Sudahkah makanan tersebut memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil? Biasanya, ibu hamil mengonsumsi banyak makanan untuk memenuhi gizi ibu hamil dan janin. Namun, ibu perlu mempertimbangkan gizi dalam makanan tersebut guna mengetahui kadar nutrisi yang masuk.

Gizi ibu hamil memang harus terpenuhi setiap harinya untuk menjaga kondisi kehamilan. Bukan berarti semua makanan yang bergizi harus dikonsumsi ya, Bu. Ibu perlu memikirkan dampak yang diakibatkan jika Ibu kelebihan nutrisi. Maka dari itu, Ibu perlu menyimak informasi mengenai dampak kelebihan gizi ibu hamil berikut ini.

  • Gizi ibu hamil memang harus tercukupi dengan baik. Tetapi, jika kelebihan nutrisi ibu hamil bisa terjadi peningkatan berat badan yang sangat drastis. Ibu hamil yang terlalu gemuk bisa menjadi faktor yang mempersulit persalinan. Selain itu, ibu akan menghadapi kesulitan jika ingin menurunkan berat badan usai melahirkan.
  • Makan berlebihan guna memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, bisa menjadi pemicu diabetes gestasi dan preeklampsia. Selain itu, ibu hamil akan lebih susah untuk menjaga keseimbangan tubuh karena faktor makan berlebihan.
  • Pertambahan berat badan yang berlebihan, bisa membuat perkembangan janin terhambat. Suplai nutrisi ke janin mengalami penurunan yang diakibatkan adanya penyempitan pembuluh darah. Tidak menutup kemungkinan, jika hal ini terjadi bisa menyebabkan adanya kematian dalam rahim.
  • Kelebihan gizi ibu hamil bisa menjadi racun untuk si Kecil yang juga menerima asupan nutrisi yang dimakan Ibu. Hal ini dikarenakan adanya penimbunan gizi yang berada di dalam tubuh si Kecil dan akhirnya mengakibatkan gangguan kesehatan seperti hipervitaminosis A, hipervitaminosis D, dan hiperkalemi.

Untuk memenuhi gizi ibu hamil, perlu memahami takaran setiap nutrisi yang dibutuhkan sehari-hari. Yuk, simak takaran gizi ibu hamil setiap harinya berikut ini:

  • Karbohidrat

Terjadinya peningkatan metabolisme sebanyak 15% membuat ibu harus mengonsumsi karbohidrat yang lebih banyak dibanding kondisi tidak hamil. Pada trimester pertama, ibu hamil belum membutuhkan tambahan karbohidrat. Pada trimester ke-2, ibu membutuhkan 340 kalori dan trimester ke-3 450 kalori.

  • Protein

Protein penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Jumlah protein yang dibutuhkan sebesar 70 gram per hari, baik protein hewani maupun nabati.

  • Asam folat

Asam folat harus dipenuhi dengan baik untuk mencegah cacat bawaan. Asam folat yang dibutuhkan ibu hamil sebesar 400 mcg.

Nah, itulah dampak kelebihan gizi ibu hamil dan takaran nutrisi yang dibutuhkan per hari. Ada baiknya berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan daftar makanan setiap hari agar takarannya sesuai dengan kebutuhan gizi ibu hamil. Tetap sehat, Bu!

author
No Response

Leave a reply "Apa Sih Dampak Kelebihan Gizi Pada Ibu Hamil?"