Ini Persiapan Wajib Sebelum Proses Melahirkan

Apa Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Proses Melahirkan

Persiapan sebelum melahirkan – Mempunyai momongan mungkin sesuatu yang diidam idamkan oleh banyak orang. Tentunya bagi pasangan muda yang akan mempunyai buah hati, tentu masih belum tau apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum sang buah hati lahir.
Nah berikut apa saja yang harus dipersiapkan oleh pasangan sebelum proses melahirkan agar di waktu proses persalinan berlangsung bisa lebih tenang dan tidak gelisah memikirkan setelah proses persalinan.

Menjelang Persalinan Normal
Ibu hamil mengidamkan persalinan normal meskipun tidak semua ibu hamil dapat melakukan persalinan normal. Persalinan normal yaitu kondisi dimana ibu hamil melahirkan melalui kejadian secara alami. Ibu hamil akan mengalami kontraksi kemudian mengalami bayi dapat dilahirkan melalui jalan lahir. Proses persalinan normal sering juga disebut persalinan alami yaitu kondisi alami yanng dialami oleh ibu hamil yang mengalami kontraksi kemudian bayi dapat dilahirkan.

Proses melahirkan secara normal harus dipersiapkan dengan kesiapan mental ibu hamil, latihan yang mendukung fisik, pernapasan dan latihan mengejan pada ibu hamil sehingga dapat lancar dalam proses persalinan. Selain itu riwayat kesehatan ibu hamil sangat dipertimbangkan untuk mendukung persalinan normal. Bahkan kondisi dan posisi janin ikut menentukan apakah ibu hamil dapat melakukan persalinan normal atau harus melakukan persalinan dengan menggunakan pembedahan.

Menjelang Persalinan Caesar

Persalinan sesar atau bedah sesar dikenal juga dengan istilah caesarean section yaitu proses persalinan yang melalui pembedahan dengan melakukan irisan di perut dan rahim ketika mengeluarkan bayi. Bedah caesar dilakukan ketika persalinan yang normal tidak dapat dilakukan karena adanya faktor resiko dan komplikasi medis baik pada kesehatan ibu hamil ataupun kondisi janin.

Pentingnya melakukan konsultasi dan pemeriksaan dokter kandungan untuk mengetahui kondisi ibu dan janin menjelang persalinan. Apabila ditemukan kondisi yang kurang mendukung dalam persalinan normal maka dokter kandungan akan menyarankan melalui operasi caesar. Selain itu kondisi kelahiran secara caesar seringjuga diminta oleh ibu hamil, dokter kandungan akan mempertimbangkan melihat kondisi ibu dan janin.

1. Menyiapkan tas ibu dan bayi
Ketika memasuki usia kandungan 7 bulan mulai memikirkan apa saja yang dibutuhkan di dalam tas bayi dan ibu

Isi tas ibu:
• Pembalut khusus setelah proses melahirkan
• Alat pompa ASI dan Gurita atau korset
• Breast pad, bra menyusui dan pakaian dalam lainya
• Make up dan keperluan mandi
• Baju tidur yang kancingnya di depan (untuk menyusui) dan baju untuk pulang
• Ponsel, kartu rumah sakit dan daftar nomor telepon penting
• Buku atau pemutar musik untuk menghilangkan bosan
Isi tas bayi
• Celana, baju, dan topi bayi
• Sarung tangan, selimut, dan kaus kaki
• Popok sekali pakai ukuran newborn atau popok kain

2. Menyiapkan keperluan bayi
Ketika memasuki usia kehamilan 7 bulan, keperluan bayi harus sudah dipikirkan. Kelompokan keperluan si bayi menjadi 4 bagian untuk memudahkan sang ibu, yaitu:
• Pakaian bayi
• Kamar bayi
• Kebersihan untuk bayi dan keperluan mandi
• Perlengkapan bepergian

3. Menyiapkan diri untuk proses melahirkan
Mulai dari 6 bulan kehamilan prises persiapan diri untuk persalinan harus sudah disiapkan. Selain fisik, persiapkan juga mental Anda dalam proses persalinan yang cukup membuat lelah. Lakukan olahraga secara teratur sesuai anjuran dokter dan konsumsi makanan yang sehat. Ikuti juga yoga atau senam kehamilan yang bisa membuat anda lebih fresh dan belajar pernafasan untuk proses persalinan nantinya.

Selain itu, ada baiknya bila Anda sejak dari jauh hari sudah mempelajari semua hal yang berkaitan dengan melahirkan. Termasuk mencari cara untuk memanage rasa sakit yang akan dirasakan dalam proses melahirkan. Mulai dari self hypnosis, perubahan posisi, dan lain-lain. Hindari hal-hal yang menumbuhkan rasa takut akan melahirkan. Kemudian, cari tahu juga tentang tanda-tanda Anda akan segera melahirkan buah hati Anda.

Berikut adalah tanda tanda akan melahirkan
• air ketuban pecah
• kontraksi yang jaraknya berdekatan
• dari vagina keluar lendir bercampur darah

Dan jika belum yakin tentang tanda tanda kehamilan di atas, coba hubungi rumah sakit atau dokter. Dokter atau rumah sakit akan menanyai tanda tanda yang sedang anda alami dan memberitahu anda apa yang harus dilakukan.
Saat usia kehamilan memasuki 9 bulan kehamilan Anda juga harus mempersiapkan diri jika tanda tanda kehamilan tidak muncul. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan?

Yang harus dipersiapkan ketika tanda tanda akan melahirkan tidak muncul yaitu jangan panik. Coba Anda konsultasikan ke dokter tentang kelahiran melalui operasi caesar.

author
No Response

Leave a reply "Ini Persiapan Wajib Sebelum Proses Melahirkan"