Apakah Ibu Hamil Tua Boleh Berpuasa?

No comment 330 views

Apakah Ibu Hamil Tua Boleh Berpuasa? Jika Anda sedang dalam proses kehamilan dan kebetulah ingin sekali melakukan puasa maka sebaiknaya Anda perhatikan hal beriku ini. Menahan segala bentuk makanan, minuman dan hawa nafsu mulai dari imsyak sampai tiba waktu berbuka di petang hari bukanlah hal yang mudah dilakukan jika Anda sedang mengalami kehamilan apalagi di usia kehamilan yang cukup tua atau mendekati proses persalinan.

Pada dasarnya ada golongan yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa, salah satu golongan tersebut adalah ibu yang sedang hamil dan ibu yang sedang menyusui. Anda diperbolehkan untuk tidak berpuasa dengan keharusan menggantinya di hari lain, baik disertai dengan membayar fidyah maupun tidak. Tapi bagaimana Apakah Ibu Hamil Tua Boleh Berpuasa jika ia memang merasa kuat untuk menjalaninya, apakah aman bagi dirinya sendiri maupun janinnya?

Tentu semua itu tergantung dari kondisi kesehatan sang ibu, selama kondisi kesehatan ibu dan janin dalam keadaan sehat dan baik-baik saja maka boleh saja melakukan puasa tapi dengan syarat tetap memenuhi kebutuhan nutrisi baik bagi dirinya maupun janin yang dikandungnya. Asupan nutrisinya tentu harus tetap sama dengan saat tidak berpuasa, yang berbeda hanya waktunya saja. Dilakukan saat sahur dan ketika berbuka puasa.

Kandungan nutrisi yang dibutuhkan dalam seharinya adalah sekitar 2.500 kalori dengan komposisi 50% karbohidrat (sekitar 308 gram), 30% protein (sekitar 103 gram), dan 10-20% lemak (sekitar 75 gram). Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut dengan mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna yang terdiri dari nasi atau sumber karbohidrat lainnya, sayuran, lauk pauk, buah, dan susu setiap kali Anda melakukan aktifitas berbuka puasa atau sahur. Selain itu tambahan suplemen vitamin juga dapat Anda lakukan agar dapat tetap menjaga kesehatan Anda dan calon buah hati saat Anda sedang berpuasa.

Tidak semua ibu hamil dapat berpuasa, ada beberapa ibu hamil yang disarankan untuk tidak melakukan puasa karena memang mengalami beberapa gangguan. Jika Anda memiliki masalah dengan kencing manis atau diabetes tentu Anda tidak boleh atau disarankan untuk tidak berpuasa. Hal ini karena Anda harus menjalani terapi obat secara teratr dan mengontrol setiap apa yang Anda konsumsi.

Bagaimana pertanyaan Anda Apakah Ibu Hamil Tua Boleh Berpuasa sudah terjawab? Yang terpenting adalah perhatikan kondisi kesehatan Anda dan ibu Anda.

author
No Response

Leave a reply "Apakah Ibu Hamil Tua Boleh Berpuasa?"