10 Tips Mengatasi Pembengkakan Saat Hamil

No comment 2923 views

gambar2

Bengkak saat hamil – Dimasa – masa kehamilan anda mungkin melihat beberapa tubuh mengalami pembengkakan . Biasanya pembengkakan pada wanita hamil akan lebih terlihat saat menjelang persalinan . Pembengkakan pada ibu hamil secara umum sangatlah normal karena hal tersebut merupakan reaksi alamiah dari tubuh yang disebabkan dari perubahan hormon saat kehamilan .

Pembengkakan tersebut terjadi karena cairan yang ada didalam tubuh ibu hamil mengalami peningkatan . Diakhir kehamilan pembengkakan seperti itu seering kali menyebabkan sang ibu tidak merasa nyaman . Juga dapat menggangu tidur san ibu karena mungkin merasa tidak dapat bergerak secara bebas saat tidur . Berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi bengkak saat hamil bagi para ibu yang sedang mengandung buah hatinya :

Tips mengurangi pembengkakan pada ibu hamil

1. Pola makan

Pola makan saat hamil juga sangat penting untuk mengurang pembengkakan contohnya saja anda dapat mengkonsumsi bawang putih dan juga apel saat hamil juga cara efektif untuk mengatasi pembengkakan saat masa kehamilan.

2. Hindari makanan yang dapat menyebabkan dehidrasi

Anda juga harus menghindari beberapa makanan yang dapat menyebabkan dehidarsi . Contohnya adalah makanan yang asin karena jika pada ibu hamil sering mengkonsumsi makanan yang asin itu akan menyebabkan mereka minum minuman dngan posi yang lebih banyak hal tersebut dapat mennyebabkan pembengkakan menjadi lebih parah.

3. Berolahraga secara ringan

Lakukanlah olahraga yang ringan saja – saja secara teratur dan rutin seperti berjalan kaki hal tersebut dapat membantu anda untuk mengurangi pembengkakan pada bagian kaki .

4. Berenang

Apabila anda berenang usahakan untuk berjalan di dasar kolam, daya apung dari kolam akan mengangkat bayi sehingga mampu mengatur peredaran darah secara normal pada ibu hamil.

5. Pemakaian sepatu yang tepat

Hindari menggunakan sepatu yang mengikat kaki anda atau ukurannya kekecilan karena dengan sepatu yang mengikat kaki akan menghambat peredaran darah anda.

6. Hindari berdiri dan duduk dalam jangka waktu yang lama

Ketika anda dalam posisi duduk jangan posisikan kaki menyilang lebih baik saat duduk anda memutar kaki di pergelangan. Dan berbaringlah dengan posisi kaki lebih tinggi.

7. Tidur dengan posisi miring

Pada wanita hamil juga dianjurkan saat tidur dengan posisi miring sehingga akan memberi tekanan vena besar sehingga dapat mengembalikan darah yang ada dibagian bawah tubuh dapat kembali ke jantung . Anda juga dapat mengangkat salah satu kaki dan diganjal dnegan bantal.

8. Kompreslah bagian tubuh yang bengak dengan air dingin

Bungkus kompres yang dingin dengan handuk dan jangan terkena kulit anda . Kompreslah bagian yang bengak selama 3 kali dengan rentang waktu kira – kira 15 – 20 menit.

9. Hindari memakai pakaian yang ketat

Dengan memakai pakaian yang ketat dapat menghambat sirkulasi darah dan dapat menandakan bahwa ada bagian tubuh yang mengalami pembengkakan.

10. Banyaklah Makan Makanan yang Mengandung Vitamin C

Memperbanyak makan makanan yang merupakan sumber vitamin C dan E bisa mencegah Anda mengalami pembengkakan bagian-bagian tubuh di saat kehamilan. Contoh makanan kaya akan vitamin C adalah jeruk, paprika, strawberry, melon, dan brokoli.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Yang sering terjadi adalah bengkak pada kaki yang sering dialami pada ibu hamil, hal ini disebabkan oleh terhambatnya peredaran darah menuju jantung yang disebabkan karena semakin membesarnya rahim sang ibu. “Volume darah pada ibu hamil lebih besar dari saat normal karena itu cairan dalam tubuh saat hamil lebih banyak dari wanita tidak hamil,” seperti yang telah di katakan oleh Dr. H. Surahman Hakim, SpOG(K) dari RSIA Tambak, Jakarta.

Kasus preeklampsia pada usia kehamilan akhir yang tentunya akan menyebabkan pembuluh darah rusak sehingga kemungkinan kaki membengkak cenderung naik. Pembengkakkan kaki dapat biasanya terjadi pada trimester ketiga kehamilan.

Cara Mengatasi Keluhan Kaki Bengkak :

  • Tips pertama adalah asupan protein harus cukup.
  • Harus menghindari melipat kaki saat duduk.
  • Letakkan tungkai kaki di atas tubuh.

“Perubahan posisi setiap 30 menit sangat penting bagi ibu hamil guna mengurangi pembengkakkan pada kaki,” seperti yang telah di katakan oleh Dr. Surahman.

Nah, itulah beberapa tips mengurangi bengkak saat hamil yang dapat ibu ambil sebagai resensi saat ingin mengurangi pembengakakan saat masa kehamilan. Tapi jika anda sudah melakukan hal – hal tersebut masih saja belum berkurang pembengkakannya anda juga dapat langsung berkomunikasi dengan dokter kandungan bagaimana cara mengatasi pembengkakan saat hamil . Baca juga 4 Langkah Tepat Atasi Jerawatan Pada Ibu Hamil Muda

author
No Response

Leave a reply "10 Tips Mengatasi Pembengkakan Saat Hamil"