Kiat Atasi Morning Sickness saat Hamil Muda

No comment 1354 views

hamil muda

Morning sickness atau yang sering disebut dengan gejala mual memang banyak dialami oleh wanita saat hamil muda. Seperti namanya, morning sickness memang lebih sering terjadi di pagi hari dan sangat normal dialami ibu saat masa kehamilan.

Gangguan kesehatan ini disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah akibat pengaruh hormon estrogen yang meningkat. Nah, lantas bagaimanakah cara untuk mengatasi masalah ibu hamil yang satu ini? Simak kiat berikut:

  • Perbanyak waktu istirahat efektif

Mungkin sulit bagi Anda yang biasa beraktivitas padat untuk berhenti dan beristirahat total selama masa kehamilan. Namun, membuat tubuh rileks dengan beristirahat merupakan cara efektif untuk mengatasi masalah morning sickness. Ketika tubuh dalam keadaan tidak tegang, gejolak hormon penyebab rasa mual akan lebih terkendali.

  • Perbanyak jenis aktivitas fisik

Istirahat memang perlu ya, Bu! Namun, bukan berarti Ibu tidak boleh melakukan aktivitas sama sekali. Memperbanyak aktivitas fisik juga dapat menjadi solusi cermat untuk mengatasi rasa mual pada ibu hamil. Sebab, beraktivitas ringan semasa hamil akan membuat sistem metabolisme berjalan lancar sehingga Anda dapat terhindar dari rasa mual.

  • Mengonsumsi jahe

Jangankan disuruh untuk makan, mencium aroma masakan saja perut sudah terasa diaduk-aduk. Tak jarang, beberapa ibu hamil muda juga merasakan mual ketika minum air putih. Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan meminum wedang jahe. Jenis rempah yang ini juga dapat juga dicampur ke dalam salad ataupun sup.

  • Banyak mengonsumsi makanan sehat

Mual yang berlebihan pada ibu hamil bisa sangat berbahaya untuk kesehatan anak di dalam kandungan. Ketika Ibu mengeluarkan makanan yang telah disantap, tubuh akan kehilangan kesempatan untuk menyerap nutrisi yang terkandung di dalamnya. Oleh sebab itu, mengonsumsi lebih banyak makanan sehat diharapkan dapat membantu mengganti nutrisi yang hilang.

  • Bangun tidur secara perlahan

Setelah tidur, ibu yang sedang hamil muda harus bangun dengan hati-hati dan perlahan untuk menghindari munculnya rasa mual. Sebab, tubuh yang kaget karena sentakan atau faktor lainnya juga dapat menimbulkan perasaan mual pada ibu hamil.

Mengatasi morning sickness memang sangat diperlukan untuk menjaga kehamilan dan kesehatan selama hamil muda agar tidak kekurangan nutrisi. Semoga Ibu dan calon bayi selalu sehat, ya!

author
No Response

Leave a reply "Kiat Atasi Morning Sickness saat Hamil Muda"