Atur Menu Makanan Bantu Atasi Sembelit Ibu Hamil

makanan ibu hamil

Hai Bu, bagaimana kondisi kehamilan saat ini? Bukan suatu perkara mudah menjadi seorang wanita hamil karena harus membawa beban perut yang cukup berat ke mana pun ia bepergian. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan makanan ibu hamil agar selalu berstamina dengan kondisi perut yang semakin lama bertambah besar.

Asupan nutrisi yang baik juga menghindarkan dari beragam penyakit yang mengintai, misalnya sembelit. Susahnya buang air besar tentu saja menandakan sistem pencernaan sedang mengalami masalah. PeningkatanĀ  hormon progesteron dalam tubuhnya menjadi pemicu awal gangguan ini. penyesuaian ini mengakibatkan otot-otot halus dalam tubuh pun bekerja lebih rileks sehingga berdampak kepada pengolahan makanan yang membuat pencernaan terganggu.

Biasanya, hal ini juga disebabkan oleh kurangnya suntikan serat dalam tubuhnya sehingga berdampak pada pembuangan yang tidak lancar. Kurangnya konsumsi sayuran hijau dan buah akan membuat Ibu menderita saat buang air besar. Oleh karena itu, Ibu perlu mengatur menu makanan ibu hamil seperti berikut ini:

  • Menu Sarapan

Saat pagi hari, ada baiknya jika Ibu memilih menu makanan dan minuman yang cukup ringan dan tidak asam. Anda bisa memilih roti atau bubur gandum yang ditemani dengan jus tomat atau pepaya. Makanan tersebut banyak mengandung serat serta zat besi tinggi yang tidak larut dalam air sehingga cocok untuk menghindari sembelit.

Ibu juga bisa memilih susu yang mengandung banyak serat Inulim untuk memperlancar sisten pencernaan. Serat ini juga mampu mengendalikan dan mengontrol keseimbangan bakteri dalam usus sehingga sistem pencernaan berjalan dengan baik dan lancar.

  • Menu Makan Siang

Cerdas memilih menu makanan tentu saja akan membuat Anda semakin bersemangat menjalani hari-hari sebagai seorang wanita hamil. Untuk kudapan siang hari, Anda bisa menyiapkan nasi merah dengan lauk ikan kembung atau salmon serta kuah sup brokoli dan wortel.

Setelah makan siang, Anda bisa memperbanyak konsumsi buah yang banyak mengandung serat, Bu. Seperti buah pisang dan buah naga yang juga berguna untuk menajag kulit sehat Anda. Jangan biarkan Anda terlalu lapar, ya!

  • Menu Makan Malam

Pilihan kudapan sebelum tidur sebaiknya memilih yang cukup ringan saja, seperti bubur manado yang ditambah dengan potongan jagung dan bayam. Hangatnya hidangan bubur tersebut tentu membuat perut Anda lebih tenang sebelum pergi beristirahat.

Selain memperhatikan menu makanan ibu hamil, mengonsumsi banyak air putih juga menjadi faktor penting. Kurang cairan bisa menjadi pemicu sembelit lho! Anda bisa minta saran kepada dokter untukĀ memilih kudapan sehat selama hamil. Tetap sehat ya, Bu!

author
No Response

Leave a reply "Atur Menu Makanan Bantu Atasi Sembelit Ibu Hamil"