Awas! Ini Pantangan Ibu Hamil Muda Yang Harus Dihindari

maxresdefault (3)

Dalam kehidupan, kehamilan adalah salah satu peristiwa yang disakralkan dan dirayakan oleh manusia. Kehadiran anak di tengah-tengah keluarga seringkali dijadikan simbol sebagai pelengkap kebahagiaan sehingga tidak mengherankan jika banyak sekali wanita yang ingin segera hamil beberapa bulan setelah mereka menikah. Akan tetapi di saat yang sama, kehamilan sangatlah rentan terhadap berbagai macam komplikasi kehamilan, apalagi di usia kehamilan muda. Sehingga sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui pantangan ibu hamil muda berikut ini.
• Minuman Alkohol
Kehamilan selalu berkaitan erat dengan pengorbanan, dan dalam hal ini Anda harus merelakan gaya hidup mengkonsumsi minuman beralkohol. Zat-zat kimia yang ada di dalam alkohol sangatlah keras, terlalu keras untuk diterima oleh janin Anda.

Kandungan alkohol yang tinggi tersebut dapat diserap oleh bayi Anda melalui plasenta, dan sebagai akibatnya bayi Anda dapat terserang berbagai macam komplikasi penyakit, bahkan bukan tidak mungkin Anda akan menderita keguguran. Dikarenakan dampaknya yang sedemikian besar terhadap janin, tidaklah mengherankan jika minuman memabukkan ini berada di peringkat pertama dalam pantangan ibu hamil muda versi Katalog Ibu.
• Rokok
Kita semua sudah tahu dampak negatif yang diderita oleh perokok aktif maupun perokok pasif. Ibu hamil pun tidak luput dari terkena dampak akibat rokok. Kandungan nikotin yang terhirup oleh hidung Anda akan masuk ke dalam aliran darah dan dapat mengganggu aliran oksigen di dalam darah.

Rokok dapat mengakibatkan berbagai macam komplikasi kehamilan, yang seringkali berujung pada bayi terlahir prematur, keguguran, hingga Sindrom Bayi Mati Mendadak. Tak hanya itu, kandungan asap dari rokok mengandung partikel-partikel radikal bebas yang dapat memicu terbentuknya sel-sel kanker pada ibu hamil.
• Makanan Mentah Atau Setengah Matang
Mungkin selama Anda hamil, Anda ingin sekali menyantap steak, daging sate, atau lalapan sayur yang dijual oleh pedagang kaki lima. Padahal, di dalam sayuran yang tidak dicuci bersih dan daging yang tidak dimasak hingga matang ini terdapat jenis protozoa toksoplasmosis yang dapat mengakibatkan ibu hamil terkena penyakit toksoplasma.

Penyakit toksoplasma ini tidak berbahaya untuk wanita yang tidak mengandung. Bahkan jika Anda terkena toksoplasma jauh sebelum Anda hamil, tubuh dengan sendirinya akan membentuk antibodi terhadapnya. Akan tetapi, jika Anda terjangkit toksoplasma SAAT Anda hamil, maka akan terjadi komplikasi kehamilan yang mengakibatkan bayi terlahir cacat atau terjadi keguguran.
Demikianlah beberapa pantangan ibu hamil muda. Alangkah baiknya untuk menghindari hal-hal di atas agar Anda dapat memperoleh usia kehamilan yang sehat dan lancar hingga hari persalinan tiba. Semoga informasi ini bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Awas! Ini Pantangan Ibu Hamil Muda Yang Harus Dihindari"