Awas! Ini Pantangan Makanan Ibu Hamil

No comment 864 views

Health and unhealthy foods in front of pregnant Japanese woman

Kehamilan adalah suatu hal yang sangat membahagiakan dan disyukuri, apalagi jika Anda dan pasangan telah lama menantikan kehadiran momongan. Nah, ketika pada akhirnya Anda mendapatkan kabar gembira tersebut, tentu Anda ingin memastikan kehamilan Anda senantiasa sehat dan lancar hingga nanti hari persalinan tiba. Salah satu cara untuk mendapatkan masa kehamilan yang sehat tentunya dengan memperhatikan makanan yang wajib Anda konsumsi. Akan tetapi, selain itu juga Anda perlu mewaspadai beberapa pantangan makanan ibu hamil.
Ikan
Ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar sama-sama merupakan sumber lemak omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan bayi. Akan tetapi, beberapa jenis ikan besar seperti ikan makarel, tuna, tilefish, dan todak memiliki kandungan zat polutan merkuri yang dapat membahayakan kehamilan Anda. Zat merkuri ini jika masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang kecil tidak akan membahayakan, akan tetapi zat polutan ini dapat terakumulasi di dalam tubuh dan dapat mengakibatkan keracunan yang dapat mengancam nyawa ibu dan janin. Sehingga, tidak mengherankan jika ikan ini termasuk ke dalam pantangan makanan ibu hamil. Untuk itu, sebisa mungkin batasilah konsumsi ikan jenis ini Moms.
Ikan Asap
Selama hamil, ibu dilarang mengkonsumsi makanan jenis apapun dalam keadaan mentah, dan setengah matang. Salah satu dari hidangan setengah matang yang wajib Anda hindari adalah ikan asap. Walau lezat, ikan asap mengandung bakteri Listeria Monocytogenes. Jika sampai memasuki tubuh, bakteri ini akan mengakibatkan infeksi yang disebut dengan Listeriosis. Bakteri ini juga berpotensi menginfeksi janin melalui plasenta dan mengakibatkan janin mati atau keguguran. Tidak menutup kemungkinan bahwa ibu hamil pun dapat terkena keracunan darah akibatnya.
Sayuran dan Buah Yang Tidak Dicuci Bersih
Sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan mendukung tumbuh kembang bayi. Akan tetapi, mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang tidak dicuci bersih justru dapat mengakibatkan efek boomerang.

Pasalnya, pada sayuran dan buah-buahan yang kotor tersebut terdapat parasit yang disebut dengan Toxoplasma Gondii. Habitat parasit ini adalah tanah, dan seringkali parasit ini juga ditemukan di sayuran dan buah-buahan. Justru, ibu-ibu hamil seringkali lalai karena tidak mengetahui hal ini hingga mereka merasa aman-aman saja mengkonsumsi lalapan atau buah yang hanya dicuci sekadarnya saja.

Padahal jika sampai masuk ke dalam tubuh, bakteri ini dapat mengakibatkan infeksi yang dapat menghambat perkembangan bayi dan mengakibatkan bayi terlahir cacat.
Jadi, demikianlah 3 jenis pantangan makanan ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Awas! Ini Pantangan Makanan Ibu Hamil"