Awas! Jangan Lakukan Kesalahan yang Dilakukan Saat Kehamilan

Kehamilan yang sehat harus dijaga dengan mengkonsumsi makanan yang tepat dan bernutrisi untuk mendukung perkembangan janin, kita semua sudah tahu itu. Dan pastinya, Anda menginginkan usia kehamilan yang sehat hingga nanti hari persalinan tiba, kan? Nah sayangnya tidak jarang beberapa ibu hamil memilih gaya hidup yang tanpa disadari memberikan efek yang buruk terhadap janinnya. Apa sajakah kesalahan yang dilakukan saat kehamilan?

 

  • Makan Terlalu Banyak

Istilah “makan untuk dua orang” sering jadi alasan bagi para ibu hamil untuk makan dengan porsi dua kali lipat lebih banyak dari biasanya. Padahal justru hal tersebutlah yang menjadi kesalahan yang dilakukan saat kehamilan.  Walaupun memang saat ini ada manusia baru yang berkembang di dalam rahim Anda, bukan berarti lantas Anda menyantap makanan sebanyak-banyaknya, Bunda.

 

Alih-alih membantu perkembangan janin, terlalu banyak makan justru bisa mengakibatkan penumpukan kalori yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Akibatnya Anda jadi terkena obesitas, dan tahukah Anda kalau obesitas dapat mengakibatkan dampak yang serius terhadap perkembangan janin? Obesitas dapat mengakibatkan komplikasi kehamilan yang disebut dengan preeklampsia, dimana pembuluh darah arteri mengalami penyempitan sehingga mengakibatkan hipertensi pada ibu hamil.

 

Dampak dari hipertensi tersebut mengakibatkan terhambatnya peredaran darah ke seluruh organ tubuh, termasuk rahim. Tidak hanya janin mengalami hambatan perkembangan dan terancam harus terlahirkan prematur, organ tubuh vital Anda seperti jantung, hati, dan ginjal juga dapat terkena kerusakan permanen.

 

  • Menolak Vaksin

Anda mungkin termasuk ke dalam golongan orang yang menunjukkan totalitas dalam menolak vaksin. Mungkin Anda termakan isu bahwa vaksin dapat mengakibatkan autisme pada janin Anda. Well, surprise!  Menolak vaksin justru dapat mengekspos bayi Anda terhadap penyakit seperti TORCH yang menjadi salah satu penyebab dari autisme pada anak.

 

Perlu diingat bahwa saat Anda hamil maka sistem kekebalan tubuh Anda pun akan menjadi lebih rentan. Nah di saat itulah tubuh Anda menjadi lebih mudah terserang oleh berbagai macam penyakit. Bahkan, penyakit flu yang tergolong ringan pun dapat berdampak serius terhadap perkembangan janin Anda.

 

  • Tidak Berolahraga

Kondisi tubuh yang mudah lelah atau mungkin mitos bahwa berolahraga dapat membuat ibu hamil enggan melakukan aktivitas olahraga. Padahal olahraga memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kehamilan Anda. Berolahraga dapat membantu tubuh memproduksi hormon endorfin yang sangat berguna untuk membantu mengusir mood swing selama kehamilan. Selain itu, olahraga ringan yang dilakukan secara teratur dapat memperkuat otot-otot tubuh sekaligus menjaga agar berat tubuh Anda senantiasa ideal.

 

Berhati-hati ya agar tidak melakukan kesalahan yang dilakukan saat kehamilan di atas.

author
No Response

Leave a reply "Awas! Jangan Lakukan Kesalahan yang Dilakukan Saat Kehamilan"