Awas! Sulit Hamil Berisiko Menderita Kanker Payudara

Katalogibu – Memiliki anak merupakan dambaan bagi setiap pasangan suami istri. Dan beberapa wanita rela berjuang keras agar bisa hamil dan memiliki seorang anak. Namun, keadaan sulit hamil ternyata dapat berisiko kanker payudara. Penyakit ganas ini berdampak buruk pada wanita, karena memicu kematian nomer satu dari jenis kanker lainnya yang diderita.

Semakin tua usia, hormon estrogen semakin berkurang. Bila kehabisan hormon tersebut, Bunda lebih berisiko menderita penyakit mematikan itu. Salah satu kondisi dimana produk hormone estrogen diproduksi secara besar-besaran adalah ketika menstruasi.

Untuk itu, Anda perlu melakukan deteksi sejak dini dengan cara periksa payudara anda sendiri. Lakukan setelah 7 hari waktu menstruasi, cukup dengan meraba payudara sendiri untuk melihat apakah ada benjolan dan gejala payudara awal lainnya. Sayang sekali, belum banyak wanita yang sadar untuk melakukan deteksi dini dan wanita yang sengaja terlambat menikah untuk mengejar karir. Belum lagi, mereka menunda usia memiliki anak.

Sementara, jika wanita telah melahirkan, kemungkinan besar dapat menurunkan risiko kanker payudara sebesar 30%. Dr Bhavin Shah seorang ahli onkologi mengatakan, wanita yang terlambat punya anak memiliki faktor risiko meningkatkan kanker payudara pada tubuhnya.

Untuk menghindari risiko tersebut, tentu Bunda harus merencanakan kehamilan di usia yang tepat. Saran parah ahli, seorang wanita rentan melahirkan anak pertama usia 25-30 tahun. Kalau lewat dari usia 30 tahun, dampaknya akan sangat buruk. Banyak risiko komplikasi lainnya bila Anda menunda kehamilan. Meskipun termasuk dalam kasus yang jarang, semakin banyak wanita yang cenderung menunda kehamilannya, kejadian kanker payudara pada kehamilan semakin meningkat. Faktor risiko akan bertambah jika memakai KB hormone yang mencegah kehamilan.

Tak sampai disitu, penyebab kanker payudara juga disinyalir terjadi karena kegemukan. Dalam penelitian, yang berkaitan erat dengan kanker payudara adalah lemak. Jaringan lemak akan memproduksi hormone esterogen lebih banyak sehingga memicu aktifnya kanker payudara. Selain kegemukan faktor lain yang dapat memicu kanker payudara yaitu mengkomsumsi alkohol berlebihan. Tidak dapat dipungkiri, saat ini kita dikelilingi lingkungan yang tidak sehat, rokok, asap polusi dan makanan tidak sehat ada dimana-mana.

Semoga artikel diatas dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara akibat sulit hamil. Untuk itu, jagalah pola hidup yang sehat dan calon ibu sebaiknya tidak meremehkan perubahan-perubahan yang dapat menggangu pada payudara. Segera beritahukan pada dokter agar dapat segera melakukan pemeriksaan lanjutan seperti USG payudara.

author
No Response

Leave a reply "Awas! Sulit Hamil Berisiko Menderita Kanker Payudara"