Awas, Ternyata Ini Penyebab Wanita Susah Tidur Saat Hamil!

KatalogIbu – Moms, kehamilan adalah moment yang sangat dinanti – nanti oleh semua pasangan yang menginginkan buah hati. Namun, kondisi kehamilan orang berbeda – beda. Terutama pada trimester pertama, ibu hamil akan mengalami banyak gangguan, seperti morning sickness, mood swing, perubahan suasana hati yang drastis, hingga susah tidur. Nah, ternyata ada beberapa penyebab wanita hamil susah tidur, lho. Check this out!

 

  1. Selalu Ingin Buang Air Kecil

Saat hamil, calon ibu akan mengalami gangguan satu ini. Hal itu terjadi, karena kandung kemih ibu hamil mendapatkan tekanan dari pertumbuhan janin. Sehingga kandung kemih terasa cepat penuh dan Anda ingin terus buang air kecil baik siang hari maupun malam hari. Gangguan ini akan membuat Anda tidak bisa tidur dengan baik.

 

  1. Sering Merasa Mual

Pada trimester pertama, sebagian besar ibu hamil akan mengalami morning sickness yang buruk. Yups, rasa mual saat hamil muda dapat dialami sepanjang hari dan akan terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan. Tak khayal, jika rasa mual sering menyebabkan susah tidur bahkan Anda akan terbangun lebih awal.

 

  1. Perubahan Fisik Yang Mengganggu

Perubahan fisik yang sering menimbulkan susah tidur adalah perubahan pada payudara, yaitu payudara akan membesar dan nyeri saat tersentuh. Bagaimana tidak, apabila ibu hamil tidak tidur dengan posisi yang tepat, maka akan menekan payudara dan bahkan membuat Anda susah tidur.

 

  1. Peningkatan Hormon Progesteron

Pada saat peningkatan hormon ini, ibu hamil akan sering merasa mengantuk. Tak hanya itu, seiring dengan peningkatan ini juga dapat menganggu kualitas tidur Anda. Dan kemudian akan diiringi dengan rasa lemas hingga depresi.

 

Dari beberapa penyebab di atas, secara otomatis akan membuat ibu hamil menjadi lebih sering terbangun di malam hari ini dan akan membuat Anda susah mendapatkan tidur yang nyaman. Eits, tapi kondisi ini bisa diatasi, lho. Yuk, simak di bawah ini!

 

  • Memperbaiki posisi tidur, dengan membiasakan diri tidur miring ke sebelah kiri.
  • Menyediakan waktu untuk tidur siang.
  • Mengutamakan minum air putih pada pagi dan siang hari.
  • Mengkonsumsi camilan tiap beberapa jam untuk menghindari rasa mual.
  • Mengganti lampu di kamar mandi dengan lampu redup.

 

Nah, sudah tahu kan penyebab wanita susah tidur saat hamil? Hmm, tapi jangan lupa juga untuk mengatasi kondisi tersebut dengan beberapa tips di atas yaa. Semoga bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Awas, Ternyata Ini Penyebab Wanita Susah Tidur Saat Hamil!"