Awas, Waspadai Janin Yang Tidak Berkembang

No comment 1165 views

Janin Yang Tidak Berkembang

Saat hamil, sudah tentu satu hal yang paling Anda inginkan adalah agar janin yang Anda kandung dapat berkembang dengan maksimal menjadi bayi yang sehat hingga tiba waktunya nanti saat ia dilahirkan ke dunia. Akan tetapi dalam beberapa kasus, tidak jarang ada beberapa faktor yang mengakibatkan perkembangan janin berhenti sama sekali. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, yuk kenali gejala-gejalanya untuk waspadai janin yang tidak berkembang.

  • Perkembangan Janin Tidak Sesuai Dengan Usia Kehamilan

Salah satu penyebab untuk waspadai janin yang tidak berkembang adalah bahwa perkembangan dari janin tidak sesuai dengan usia kehamilan. Hal tersebut dapat diketahui melalui USG untuk mengetahui ukuran dari janin yang berada di dalam rahim. Apabila dari hasil USG diketahui bahwa ukuran janin tidak sesuai dengan ukuran seharusnya, maka dokter akan melakukan berbagai macam tes untuk mengetahui penyebab sekaligus mengatasi masalah sehingga bayi dapat berkembang dengan sempurna

  • Kadar Hormon HCG Yang Terlampau Rendah

Selama Anda hamil, tubuh Anda akan memproduksi beberapa hormon yang berfungsi untuk mendukung perkembangan janin di dalam rahim. Hormon tersebut disebut dengan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin). Apabila hormon yang diproduksi terlampau rendah, maka perkembangan janin dapat terhambat, bahkan terhenti sepenuhnya. Untuk mengantisipasi, ada baiknya Anda melakukan tes darah dan tes urin untuk mengetahui kadar HCG di dalam tubuh Anda.

  • Terjadinya Flek dan Pendarahan

Munculnya flek darah pada masa awal kehamilan memang merupakan hal yang wajar terjadi. Akan tetapi, apabila sampai terjadi pendarahan maka Anda wajib memeriksakan diri ke dokter kandungan. Karena hal tersebut bisa jadi merupakan pertanda dari kehamilan ektopik atau merupakan tanda bahwa perkembangan janin Anda telah terhenti.

  • Ibu Tidak Merasakan Aktifitas Janin di Dalam Rahim

Menginjak usia pertengahan dari kehamilan, seharusnya janin Anda pun sudah mulai menunjukkan aktifitas yang semakin aktif. Memang dalam beberapa waktu bayi Anda mungkin tidak terlalu aktif, namun jika dalam jangka waktu yang lama dan tidak wajar Anda tidak lagi dapat merasakan pergerakan dari janin, maka Anda berhak merasa curiga dan memeriksakan diri ke dokter kandungan.

Demikianlah beberapa tips untuk waspadai janin yang tidak berkembang. Tentu saja untuk mengetahui pasti status kesehatan dan perkembangan janin Anda, Anda perlu memeriksakan kandungan Anda secara rutin ke dokter kandungan. Semoga informasi ini bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Awas, Waspadai Janin Yang Tidak Berkembang"