Ayo Kenali Plasenta Previa Pada Ibu Hamil!

No comment 2388 views

Ayo Kenali Plasenta Previa Pada Ibu Hamil!

plasenta previa ibu hamil – Didalam rahim ibu hamil terdapat plasenta atau yang sering disebut dengan ari – ari. Organ berfungsi untuk menyalurkan nutrisi dan oksigen ke janin, memproduksi hormon – hormon kehamilan, mengangkat zat – zat yang tidak berguna dari tubuh janin yang dibuang melalui urin dan feses ibu hamil, dan juga sebagai perlindungan dari benturan atau penyakit yang bisa mengancam janin.

Dalam keadaan normal, plasenta tertanam di area bawah rahim dan menyebabkan jalan lahir bayi menjadi terhalang. Kondisi inilah yang disebut dengan plasenta previa. Berikut adalah tentang plasenta previa ibu hamil yang perlu untuk diketahui :

Plasenta previa pada ibu hamil

  • Tempat lokasi plasenta previa pada ibu hamil

Berdasarkan tempat tertanamnya plasenta, plasenta previa di bagi menjadi 3 yaitu :

– Plasenta yang total menutupi jalan lahir ( Plasenta Previa Totalis)

– Plasenta yang menutupi sebagian jalan lahir ( Plasenta Previa Partialis)

– Plasenta yang hanya tumbuh di sekitar pinggiran dari bawah rahim

Plasenta previa umumnya terdeteksi melalui pemeriksaan USG. Hasil yang lebih akurat adalah yang diperoleh dari USG transvagian atau melalui vagina. Ibu hamil dinyatakan mengalami plasenta previa jika terdeteksi ada plasenta yang tumbuh dibawah rahim pada usia kehamilan lebih dari 20 minggu.

  • Gejala plasenta previa

– Terjadi pendarahan vagina pada trimester kedua kehamilan. Pendarahan yang terjadi bisa saja hanya sedikit atau juga bisa banyak dengan ciri – ciri warna merah terang dan tanpa disertai dengan rasa nyeri.

– Kelainan posisi janin dalam rahim seperti melintang atau sungsang.

– Bentuk rahim tidak normal atau ada guratan pada lapisan rahim.

– Pernah melakukan operasi pada rahim.

– Pernah mengalami plasenta previa pada kehamilan sebelumnya.

  • Faktor – faktor pemicu plasenta previa

– Kehamilan dibawah usia 20 tahun resikonya akan meningkat pada usia diatas 35 tahun dan juga dikarenakan keadaan rahim yang kurang subur.

– Mengandung bayi kembar atau pernah melahirkan bayi lebih dari satu.

– Bagian kepala janin tidak bisa masuk keronggal panggul.

  • Dampak yang ditimbulkan drai plasenta previa

– Ibu hamil bisa mengalami pendarahan yang hebat. Bila pendarahan tidak segera dihentikan maka bisa mengancam nyawa ibu hamil.

– Pendarahan yang hebat juga akan memaksa ibu hamil untuk segera melahirkan dengan proses bedah caesar sebelum waktunya. Akibatnya pun bayi lahir secara prematur.

  • Langkah – langkah penanganan plasenta previa yang disertai pendarahan

–  Hindari aktivitas berat dan hubungan intim

– Dokter akan membantu untuk mempertahankan kehamilan hingga janin cukup untuk dilahirkan

– Segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan yang tepat. Dokter akan berusaha untuk mengatasi pendarahan dan juga mengantisipasi kelahiran prematur.

– Apabila ibu hamil hanya mengalami sedikit pendarahan, dokter biasanya akan menyuruh anda untuk istirahat total.

– Bila pendarahan yang terjadi sudah tergolong berat maka ibu hamil perlu melakukan transfusi darah yang hilang. Dokter juga akan memberikan obat untuk mempercepat perkembangan paru – paru janin.

– Jika pendarahan tidak dapat diatasi maka dokter akan segera melakukan operasi caesar dan kemungkinan bayi akan lahir dengan prematur.

Nah itulah beberapa tentang plasenta previa ibu hamil yang perlu untuk diketahui. Hingga kini belum ada cara untuk mencegah terjadinya plasenta previa oleh karena itu, pastikan anda untuk selalu memeriksa kandungan secara rutin dan beristirahat yang cukup. Konsultasikan ke dokter mengenai langkah – langkah awal yang harus dilakukan apabila terjadi pendarahan. Baca juga tentang Mengenal Bayi Prematur Agar Sang Ibu Lebih Waspada

 

author
No Response

Leave a reply "Ayo Kenali Plasenta Previa Pada Ibu Hamil!"