Bagaimana Cara Kerja Alat Tes Kehamilan?

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui kehamilan, beberapa diantaranya yaitu dengan pemeriksaan USG yang dapat melihat janin secara langsung, pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar HCG darah, dan pemeriksaan urin untuk untuk mengetahui kadar HCG urin dengan menggunakan test pack. Berikut cara kerja Alat Tes Kehamilan yang bisa digunakan moms di rumah.

 

Menggunakan tespek atau test pack merupakan cara untuk mengetahui kehamilan yang paling mudah dilakukan karena ibu hamil bisa melakukannya sendiri di rumah. Alat tes kehamilan ini juga mudah didapatkan dan dapat ditemukan di semua apotik. Meskipun berukuran kecil, test pack merupakan sebuah alat yang memiliki tingkat keakuratan cukup tinggi untuk mendeteksi kehamilan. Cara kerjanya adalah dengan mendeteksi perubahan kadar hormon yang terdapat di dalam urine atau air kencing.

 

Test pack bekerja dengan mendeteksi hormon hCG (human chorionic gonadotropin) yang ada di dalam urine. Hormon yang juga dikenal sebagai hormon kehamilan ini hanya terbentuk ketika sel telur yang sudah dibuahi menempel di dinding rahim. Jumlah hormon ini akan meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan dan mencapai puncaknya pada hari ke-60 hingga 90.

 

Hormon Human Chorionic Gunadotropin atau Hormon hCG akan meningkat jumlah kadarnya hingga 150.000% yang ada pada tubuh perempuan hamil. Setiap wanita memiliki masa ovulasi yang berbeda-beda. Waktu penempelan sel telur yang sudah dibuahi (zigot) ke rahim juga berbeda-beda. Jadi, untuk melakukan uji kehamilan dengan test pack, disarankan untuk menunggu hingga seminggu setelah mengalami terlambat haid. Pada waktu tersebut, kadar hCG sudah lebih banyak, sehingga lebih mudah terdeteksi oleh test pack.

 

Ketika alat tes menyentuh urine, biasanya akan terjadi perubahan warna, pertambahan garis, atau tanda tertentu (positif), yang menunjukkan ditemukannya hCG di dalam urine. Yang berbentuk setrip umumnya akan menunjukkan dua garis merah bila terdapat hCG di urine sebagai tanda positif hamil.

 

Bila tidak ada hCG dalam urine, yang akan muncul adalah tanda satu setrip saja yang berarti negatif, atau tidak hamil. Sedangkan pada alat yang berbentuk compact, jika urine yang disentuhkan mengandung hCG, maka akan muncul tanda positif. Sebaliknya, jika urine tidak (cukup) mengandung hCG maka yang muncul adalah tanda negatif, berarti tidak hamil.

 

Namun, perlu moms ingat bahwa tingkat keakuratan Alat Tes Kehamilan ini tidak mencapai 100%. Ketidakakuratan test pack bisa terjadi karena moms tidak menggunakannya dengan benar atau terlalu dini melakukan pengecekan. Bila moms ragu, berkonsultasilah dengan dokter. Itulah jawaban dari  bagaimana cara kerja Alat Tes Kehamilan? Semoga menjawab ya moms.

author
No Response

Leave a reply "Bagaimana Cara Kerja Alat Tes Kehamilan?"