Berapa Usia Kehamilan Saat Ini Bu?

No comment 2060 views

menghitung usia kehamilan

Menghitung usia kehamilan menjadi hal yang menyenangkan karena bisa membuat Anda makin tidak sabar menanti buah hati tersayang. Selain itu, perkembangan janin juga bisa dipantau dengan baik apabila mengetahui usia kandungan dengan akurat.

Lantas, bagaimana cara menghitung usia kehamilan dengan tepat? Banyak cara yang direkomendasikan para pakar kesehatan untuk menghitungnya. Yuk, simak informasi penting yang dilansir dari ibudanbalita.com berikut ini:

  • Ultrasonografi (USG)

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, menghitung usia kehamilan dengan akurat bukan suatu hal yang susah. Hingga saat ini, USG masih menjadi cara paling akurat untuk menghitung usia kehamilan. Anda juga bisa menyaksikan perkembangan janin melalui layar dan foto. Waktu yang terbaik untuk melakukan USG adalah usia 8-18 minggu.

Saat ini, telah berkembang USG 4D yang sudah ada di beberapa rumah sakit bersalin maupun umum. USG 4D ini dapat memperlihatkan janin lebih jelas sehingga makin membuat Anda makin tidak sabar untuk melihatnya lahir ke dunia. USG ini juga bermanfaat untuk mendeteksi gangguan janin sejak dini.

  • Kalkulator Kehamilan

Kalkulator kehamilan ini sangat mudah dilakukan dengan dukungan koneksi internet. Meski tak secanggih USG, kalkulator ini bisa memberikan gambaran umum mengenai usia kehamilan.

  • Kalender Haid

Kalender haid ini terbilang cara paling manual yang bisa digunakan untuk menghitung usia kehamilan. Cara ini dibutuhkan ketelitian mengenai catatan siklus haid sebelum melakukan hubungan suami istri. Sebab, cara menghitung usia kehamilan ini berpatokan pada hari pertama haid terakhir. Selain itu, cara ini dianggap akuran apabila wanita hamil memiliki siklus haid 28-30 hari dengan teratur.

Bagaimana pun cara menghitung usia kehamilan, yang terpenting adalah ketepatan dan keakuratannya. Selain itu, jika tanda-tanda hamil sudah mulai dirasakan, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Memasuki trisemester pertama, Anda membutuhkan banyak vitamin yang bisa membuat kandungan makin kuat untuk menahan berat janin.

Jika tak cukup PD menghitung usia kehamilan sendiri, lakukan USG terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil akurat. Ajaklah suami tercinta saat USG agar ia bisa menyaksikan perkembangan janin langsung. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur serta kudapan lain yang bergizi tinggi supaya perkembangan janin bisa maksimal. Lakukanlah olahraga rutin setiap pagi, seperti jalan-jalan untuk memperlancar peredaran darah. Lakukan hal positif selama hamil ini, ya!

 

author
No Response

Leave a reply "Berapa Usia Kehamilan Saat Ini Bu?"