Berapakah Usia Ideal Wanita Memiliki Anak?

Woman holding a pregnancy test device

Woman holding a pregnancy test device

Hamil dan melahirkan merupakan metode bagi seluruh makhluk hidup untuk melestarikan keturunannya. Dalam struktur sosial masyarakat, pemerintah menerapkan standar usia ideal bagi wanita dan pria yang ingin memiliki keturunan yang tentunya berdasarkan oleh kematangan alat reproduksi dan kesiapan mental sebagai calon orangtua. Pria disarankan memiliki anak di usia 25 tahun, bagaimana dengan usia ideal wanita memiliki anak?

 
• Usia di Bawah 20 Tahun
Kasus dimana anak perempuan dinikahi kemudian hamil di usia di bawah 20 tahun ironisnya masih sangat sering ditemukan, terutama di area terpencil. Padahal, usia tersebut bukanlah usia ideal wanita memiliki anak. Organ reproduksi wanita di usia tersebut masihlah sangat rawan dan belum siap untuk menampung anak.

Kasus kelahiran prematur atau bahkan keguguran seringkali menimpa ibu muda yang hamil di usia yang terlampau muda. Dan tak jarang, nyawa ibu pun turut terancam. Ditilik dari kondisi mental pun, anak perempuan yang hamil di usia di bawah 20 tahun belum memiliki kematangan mental dan emosional yang sangat dibutuhkan dalam membesarkan anak.

 
• Usia 21 – 35 Tahun
Rentangan usia 21-35 tahun secara hukum negara dinilai sebagai umur wanita yang ideal bagi Anda yang ingin memiliki anak. Organ reproduksi Anda sudah berkembang sepenuhnya, dan otot rahim pun dalam keadaan prima untuk menampung bayi selama 9 bulan penuh. Resiko terjadinya komplikasi kehamilan pun tergolong rendah. Secara emosional , wanita di usia ini juga jauh lebih dewasa, dan umumnya di usia 24-25 tahun, status sosial wanita sudah mulai ter-etablished.

 
• Usia di Atas 35 Tahun
Bagi Anda yang berusia di atas 35 tahun dan belum kunjung dikaruniai momongan, jangan berkecil hati dulu. Karena peluang Anda untuk memiliki anak sebenarnya masih terbuka lebar. Ya, di usia Anda ini Anda tetap masih memiliki harapan untuk mengandung dan melahirkan anak. Hanya saja, semuanya bergantung pada tingkat kesuburan dari Anda dan suami.

Selain itu, dibandingkan kehamilan yang terjadi di usia di bawah 35 tahun, kehamilan saat menginjak usia 36 tahun ke atas tergolong sedikit berisiko. Komplikasi kehamilan seperti penyakit diabetes, fibroid uterine, dan komplikasi kehamilan lain wajib benar-benar diwaspadai. Semakin lanjut usia Anda, kekuatan otot rahim pun mulai melemah jadi sebaiknya Anda mempertimbangkannya baik-baik saat Anda akan merencanakan akan hamil di usia ini.

Demikianlah ulasan mengenai usia ideal wanita memiliki anak. Tapi tetap saja, yang harus dijadikan bahan pertimbangan saat Anda merencanakan kehamilan tidak hanya dari segi organ reproduksi saja tetapi juga kondisi finansial Anda dan suami.

author
No Response

Leave a reply "Berapakah Usia Ideal Wanita Memiliki Anak?"