Bolehkah Ibu Hamil Makan Gorengan?

No comment 4094 views

Bolehkah Ibu Hamil Makan Gorengan?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Gorengan – Seorang ibu yang sedang hamil memang banyak sekali yang harus diperhatikan untuk menjaga kandungannya tetap sehat. Dimulai dari makanan yang dikonsumsi hingga kesehatan sang ibu ketika sedang mengandung. Makanan menjadi faktor sumber permasalahan yang utama untuk merawat kesehatan kandungan. Gorengan adalah makanan asli Indonesia yang banyak disukai oleh masyarakat termasuk ibu hamil.

Ibu hamil seringkali tidak memiliki nafsu makan, sering kali para ibu hamil muda lebih memilih gorengan sebagai makanan yang menggugah selera. Lalu bolehkan ibu hamil makan gorengan? Makanan berminyak sangat berpotensi untuk memicu tumbuhnya sel kanker terhadap janin. Semakin banyak mengkonsumsi makanan berminyak maka semakin tinggi tingkat resiko beberhaya yang akan dialami oleh sang janin.

Efek dari ibu hamil yang makan gorengan

1. Kehilangan Vitamin

Vitamin yang ada didalam tubuh akan berkurang lebih banyak karena makanan tersebut langsung terkena panas dan terjadi perpecahan ratai protein, lemak dan lainnya. Makanan dengan pengolahan di goreng akan mengurangi kadar vitamin yang ada pada makanan tersebut. Pada saat masa kehamilan tentunya setiap gizi yang ibu hamil butuhkan harus terpenuhi.

2. Resiko batuk dan terggorokan gatal

Minyak goreng yang terlalu banyak di konsumsi bisa membuat gatal tenggorokan. Hal itu disebabkan karena minyak yang sudah terkena panas api, kemudian digunakan untuk penggorengan yang tidak baik di tenggorokan. Gorengan bisa menyebabkan batu pada saat hamil dan itu bisa berbahaya bagi janin yang ada dikandungannya sang ibu. Maka dari itu sangat tidak di anjurkan jika si calon ibu ini mengkonsumsi banyak gorengan.

3. Obesitas

Ibu hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan dengan gizi yang banyak tetapi bukan berarti porsi makanan lebih banyak. Jika ibu hamil mengkonsumsi makanan yang dioleh dengan digoreng memang semakin meningkatkan nafsu makan tetapi jika terlalu berlebihan bisa mendatangkan bahaya obesitas bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

4. Mual dan muntah

Makan gorengan sangat berpotensi untuk membuat perut terasa mual dan muntah. Karena kandungan minyak yang tinggi pada makanan yang di goreng akan meningkatkan asam lambung. Pada umumnya di masa kehamilan sangat rentan terkena mual dan muntah yang disebabkan asam lambung naik dan menimbulkan rasa mual yang tinggi.

5.Memicu penyakit kanker

Makanan yang mengandung karbohidrat dan di oleh dengan cara di goreng itu dapat meningkatkan resiko penyakit kanker. Hal itu disebabkan karena zat – zat yang ada memiliki efek samping yang bersifat karsinogenik, yang mana merupakan zat pemicu kanker di dalam tubuh.

Dari resiko resiko yang sudah kami perjelas diatas masih bolehkan ibu hamil makan gorengan? Untuk ibu yang sedang hamil lebih baik mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan yang banyak. Jika anda salah satu penggemar makanan berminyak dan juga dalam kondisi sedang mengandung sebaiknya distop dulu selama masa kehamilan anda dan juga demi kesehatan sang janin.

author
No Response

Leave a reply "Bolehkah Ibu Hamil Makan Gorengan?"