Bolehkah Ibu Hamil Makan Tape?

No comment 4287 views

Bolehkah Ibu Hamil Makan Tape?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Tape – Kehamilan merupakan hal yang paling dinanti oleh pasangan suami istri setelah pernikahan. Kehadiran sang buah hati merupakan anugerah terindah dari tuhan bagi pasangan suami istri. Saat masa kehamilan sendiri, biasanya terdapat beberapa larangan yang harus diperhatikan.

Salah satunya yakni memakan olahan dari singkong seperti tape. Lalu bolehkah ibu hamil makan tape? Untuk ibu hamil sangat dipantangkan untuk mengkonsumsi singkong yang difermentasi alias tape karena mengandung alcohol, merkuri dan asam absitral. Zat-zat yang terkandung dalam tape ini cukup berbahaya untuk dikonsumsi bagi para ibu hamil.

Zat-zat tersebut bisa mengakibatkan penghambatan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim. Dalam pembuatan tape ini membutuhkan waktu yang cukup lama, maka alcohol yang di butujkan juga semakin tinggi. Dan alcohol ini cukup berpengaruh bagi kesehatan janin dan ibu yang mengandung.

Resiko bagi ibu hamil yang mengkonsumsi tape

1. Pengaruh perkembangan perilaku anak

Untuk ibu hamil yang sering mengkansumsi makanan dan minuman yang mengandung alcohol akan mempengaruhi ota dan intelligensi janin. Alcohol yang masuk kedalam tubuh janin akan menghambat perkembangan dan pertumbuhan sel, terutama sel otak. Karena tape mengandung alcohol, untuk itu sangat dipantangkan untuk tidak mengkonsumsi tape bagi anda para ibu haimil.

2. Beresiko terjadinya gagal hati

Seperti yang kita ketahui, hati merupakan salah satu orang tubuh yang sangat penting untuk menetralkan racun dan membantu mengeluarkannya lewat urin. Kadar alcohol yang terdapat di dalam tape yang di makan oleh ibu hamil anakn mengalir lewat plasenta yang menghubungkan dengan janin. Alcohol itu akan masuk ke sistem transportasi yang menuju tubuh janin akan sangat beresiko untuk terjadinya gagal hati karena hati janin yang baru tumbuh masih belum mampu menyaring kadar alcohol.

3. Resiko penyakit kuning pada janin

Disaat ibu hamil memakan tape, maka zat-zat berbahaya khususnya alcohol yang ada di dalam tape juga akan masuk ke tubuh janin lewat plasenta. Pada saat itu, orang tubuh janin yang masih berada dalam tahap perkembangan dan masih belum mampu menjalankan fungsinya. Jadi seberapapun besar kecilnya jumlah alcohol yang masuk ke tubuh bayi masih belum bisa menyaring. Hal itu akan mendatangkan bakteri toksoplasma yang dapat menyebabkan bayi terkena penyakit kuning.

4. Resiko feotal alcohol spectrum disorder(FAS)

FAS merupakan suatu gangguan pada bayi yang cukup memprihatinkan. FAS ini akan menjadikan kondisi bayi dengan kepala yang mungil dan disertai kelainan pada wajah sang bayi. Selain itu anak akan terlambat berbicara, kesulitan dalam belajar, serta kelakuan yang tidak pada umumnya atau tidak normal. Hal ini pada ibu hamil yang mengkonsumsi alchol dengan kadar yang sangat tinggi dan bisanya terjadi saat janin berusia 7-9 bulan.

5. Attention defcul Hyperactive (ADH) Disorder

ADH merupakan gangguan perkembangan pada saraf motorik anak yang dapat menyebabkan aktivitas anak menjadi tidak lazim dan cenderung berlebihan. Hal ini bisa dilihat dari berbagai keluhan perasaan gelisah, tidak bisa diam, tidak bisa duduk dengan tenang, suka meletup-letup, aktivitas berlebihan dan suka membuat keributan. Salah satu penyebab dari resiko ADH ini adalah dari ibu hamil yang suka mengkonsumsi makanan atau minuman beralcohol seperti halnya tape.

6. Hyperemesis

Salah satu efek bagi anda ibu hamil yang memakan tape adalah timbul perasaan tidak enak di ulu hati. Gas-gas yang terdapat di dalam tape atau berbagai jenis makanan dan minuman yang difermentasi akan membuat diri anda merasa mual secara berlebihan, kehilangan berat badan, serta terjadinya gangguan keseimbangan elektrolit. Pada umumnya gangguan mual – mual dan muntah tersebut bisa ditandai dengan mual yang tidak terkendali serta muntah – muntah hampir dua puluh kali setiap hari.

Dari resiko resiko yang terdapat diatas tadi masih bolehkah ibu hamil makan tape? Untuk para ibu hamil yang gemar sekali memakan tape, sebaiknya ditahan dulu untuk langkah pencegahan. Apa salahnya anda menahan untuk memakan tape, jika memang demi keselamatan dan kesehatan calon bayi anda?

author
No Response

Leave a reply "Bolehkah Ibu Hamil Makan Tape?"