Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Sayur Mentah?

1

Sayuran segar merupakan salah satu jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil. Sayuran mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi makanan lain yang dibutuhkan untuk perkembangan janin, seperti asam folat, vitamin A, vitamin K, dan vitamin C. Selain itu, sayuran mengandung kadar serat tinggi yang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan ibu hamil. Serat pada sayuran juga dapat membantu mencegah gangguan konstipasi yang sering melanda ibu hamil. Untuk mendapatkan vitamin di dalam sayur secara utuh, memang cara penyajian yang ideal adalah dengan mengkonsumsi sayuran mentah. Namun, bolehkah ibu hamil mengkonsumsi sayuran mentah?

 
Sayangnya, jawaban dari pertanyaan “bolehkah ibu hamil mengkonsumsi sayuran mentah?” adalah, tidak. Atau lebih tepatnya, konsumsi sayuran mentah tidak terlalu disarankan. Pasalnya, sayuran mentah merupakan sarang dari berbagai macam bakteri dan parasit, racun pestisida, dan tidak jarang telur-telur cacing pun turut menempel pada sayuran mentah tersebut. Apabila parasit atau telur cacing tersebut masuk ke dalam pencernaan, maka dapat menimbulkan keluhan kesehatan seperti sakit perut. Resiko tersebut semakin fatal jika saat ini Anda sedang berada dalam masa kehamilan.

 
Resiko terbesar dari mengkonsumsi sayur mentah saat hamil adalah terjangkit toksoplasma. Toksoplasma adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh parasit bernama Toksoplasma Gondii yang tidak hanya hidup di usus besar mamalia, tapi juga terdapat pada buah-buahan dan sayuran. Seringkali masyarakat menganggap bahwa kucing adalah penyebab utama dari toksoplasma, namun sesungguhnya hal tersebut tidaklah benar. Sayuran dan buah-buahan mentah justru sering menjadi media penyebaran toksoplasma. Hal tersebut dikarenakan minimnya pengetahuan masyarakat tentang bahaya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan mentah saat hamil.

 
Saat seseorang terjangkit toksoplasma, umumnya infeksi tersebut tidak akan menunjukkan gejala maupun dampak kesehatan apapun, dan begitu kemampuan imunitasnya bertambah maka parasit tersebut akan menjadi non-aktif dan dengan sendirinya tubuh akan memperoleh kekebalan terhadap penyakit ini.

 
Lain soal jika Anda terjangkit toksoplasma saat Anda hamil. Sistem imunitas tubuh ibu hamil jauh lebih rendah dibandingkan daya kekebalan tubuh wanita yang tidak hamil. Sehingga ketika tubuh terinfeksi toksoplasma, sistem imunitas tubuh Anda tidak cukup kuat untuk membunuh penyakit tersebut. Bayi Anda pun akan terkena dampak dari infeksi tersebut, sehingga mengakibatkan komplikasi kehamilan yang menyebabkan keguguran atau bayi terlahir dalam keadaan cacat.

 
Bagaimana menurut Bunda? Bolehkah ibu hamil mengkonsumsi sayuran mentah?

 

author
No Response

Leave a reply "Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Sayur Mentah?"