Bolehkan Ibu Hamil Menyusui Bayinya?

No comment 5101 views
Bolehkan Ibu Hamil Menyusui Bayinya?

Bolehkan Ibu Hamil Menyusui Bayinya?

Ibu Hamil Menyusui – Kehamilan juga sering kali dapat terjadi kapan saja bun, tidak terkecuali disaat bunda masih memiliki bayi kecil yang masih butuh disusui. Nah, pada kondisi seperti ini, banyak sekali ibu hamil yang berpikir untuk berhenti menyusui bayi nya dikarenakan khawatir pertumbuhan janin yang hidup di dalam kandungannya akan terganggu akibat dari persaingan mendapatkan makanan dengan si kakak nya bukan bun?

Padahal si bayi yang sudah dilahirkan pun umumnya masih sangat membutuhkan nutrisi dari air susu ibu hingga usianya telah mencapai 2 tahun bun. Hal ini pasti menjadi dilema nya para ibu hamil yang masih memiliki bayi dibawah 2 tahun. Nah, bagaimana dengan dunia medis dan Islam melihat permasalahan ini bun? Bolehkah ibu hamil menyusui? Yuk, simak berikut ini penjelasan nya mengenai bolehkah ibu hamil menyusui menurut syariat Islam dan dunia medis yang di sajikan oleh tim katalogibu.com ini:

  • Amankah Menyusui Saat Hamil?

Menyusui saat hamil atau juga disebut dengan tandem nursing sering kali dianggap sangat berbahaya bagi sebagian orang bukan begitu bun? Beberapa pendapat dan mitos juga menyebutkan kegiatan ini akan berakibat fatal bagi janin yang ada dalam kandungan. Bahkan, sebagian diantaranya juga berkeyakinan jika hal ini terus dilakukan, maka ibu hamil akan berpotensi besar mengalami keguguran. (Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Tape?)

Kendati terdengar juga begitu ekstrim, mitos dan pendapat tersebut sejatinya tidaklah benar bun, dikarenakan dari hasil beberapa riset medis diketahui bahwa menyusui saat hamil relatif aman dan tidak membahayakan keselamatan janin yang dikandung selama kebutuhan gizi si bunda masih benar-benar terpenuhi.

  • Apa Bahayanya Atau Resiko Menyusui Saat Hamil?

Meskipun masih dalam relatif aman dan tidak berbahaya, menyusui saat hamil juga bukan berarti boleh dilakukan secara sembarangan lho. Beberapa masalah juga dapat saja terjadi jika ibu hamil tidak mencukup kebutuhan gizinya secara optimal lho. Beberapa masalah tersebut juga meliputi kontraksi rahim yang sering terjadi, dan gizi bagi salah satu bayinya (baik yang ada di dalam kandungan maupun yang sedang disusui) menjadi tidak terpenuhi bun.

  • Bolehkah Menyusui Saat Hamil Menurut Islam?

Nah, bagaimana dalam Islam, menyusui saat hamil dikenal juga dengan istilah Al-Ghillah. Hal ini sangatlah diperbolehkan oleh Rosulluloh setelah beliau melihat bangsa Persia dan Romawi melakukan hal yang sama dan tidak terjadi masalah. Islam juga memperbolehkan ibu hamil menyusui asal bunda dalam keadaan sehat dengan fisik yang kuat. (baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Gorengan?)

Nah, itulah tadi merupakan beberapa penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil menyusui, amankah ibu hamil menyusui, dan bolehkah menyusui saat hamil menurut Islam sendiri, yang kira nya informasi mengenai menyusui saat hamil ini dapat bermanfaat bagi Anda ya bun!

author
No Response

Leave a reply "Bolehkan Ibu Hamil Menyusui Bayinya?"