Buah Naga, Gizi Baik Untuk Ibu Hamil

No comment 8460 views

buah naga

Memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil memang menjadi prioritas utama untuk membantu memaksimalkan perkembangan janin. Namun, Ibu harus berhati-hatiĀ untuk tidak sembarangan mengonsumsi makanan, terutama yang mengandung MSG, pengawet, atau zat adiktif lainnya. Perbanyak asupan sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil secara optimal.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, Anda membutuhkan aneka makanan bergizi seperti sayur dan buah. Nah, salah satu buah yang sangat baik bagi kandungan adalah buah naga. Buah berbentuk unik ini memiliki begitu banyak manfaat, antara lain:

  • Membantu pembentukan sel darah merah

Tinggi akan kandungan zat besi, menjadikan buah ini wajib dikonsumsi ibu hamil. Zat besi akan diolah tubuh untuk membentuk sel darah merah sehingga bisa mencegah masalah kurang darah atau anemia. Biasanya, ibu hamil rentan dengan gejala anemia yang bisa menyebabkan kurangnya asupan oksigen untuk janin. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya janin lahir prematur atau mengalami cacat bawaan. Ibu hamil juga bisa mengalami pendarahan hebat saat proses persalinan. Tentu saja, mengonsumsi buah naga secara teratur mampu meningkatkan stamina ibu hamil sehingga lebih bersemangat menjalani segala aktivitas meskipun perut semakin membuncit.

  • Tinggi karbohidrat

Selain nasi, sumber karbohidrat terbaik terdapat pada buah naga. Karbohidrat merupakan mineral yang menjadi sumber energi terbaik selama hamil. Janin juga akan tumbuh semakin optimal apabila mendapatkan asupan karbohidrat yang penuh manfaat.

  • Sumber asam folat

Asam folat merupakan salah satu zat pembentuk sel darah merah. Tentu saja produksi sel darah merah ibu hamil harus berjalan dengan lancar karena diperlukan untuk mengedarkan nutrisi dan oksigen. Jadi, jika produksi sel darah merah menurun, tentu asupan nutrisi dan oksigen untuk janin berkurang. Kemungkinan bayi lahir prematur sangat besar dan bisa menyebabkan cacat bawaan

  • Kandungan serat tinggi

Mengonsumsi makanan kaya serat tentu sangat baik untuk menjaga kesehatan fungsi usus. Konstipasi yang merupakan salah satu masalah ibu hamil tentu bisa diatasi dengan makanaan kaya serat. Ya, kandungan serat tinggi buah naga bisa Ibu manfaatkan untuk memperlancar BAB.

  • Kaya nutrisi

Buah yang berwarna cerah ini kaya kandungan nutrisi seperti vitamin C, B1, fitokimia, protein, kalium, dan protein. Tentu saja semua mineral tersebut membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan janin.

Tapi apakah makan buah naga aman selama masa kehamilan? Ya, Anda dapat menikmati buah naga untuk memuaskan keinginan ngemil sehat, Bun. Bahkan makan buah ini tidak hanya dapat memenuhi gizi ibu hamil saja, karena bayi yang belum dilahirkan juga mendapatkan manfaat kesehatannya. Nutrisi dalam buah naga tak hanya memastikan Anda memiliki masa kehamilah yang sehat, tetapi juga melindungi bayi dari beberapa kemungkinan lahir cacat.

Nah, itulah manfaat buah naga yang tidak hanya berguna untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, tetapi juga baik untuk menjaga kesehatan janin. Pastikan terus mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi agar janin lahir dengan selamat.

author
No Response

Leave a reply "Buah Naga, Gizi Baik Untuk Ibu Hamil"