Bunda, Inilah Cara Mengetahui Usia Kehamilan Dalam Hari

cara mengetahui usia kehamilan dalam hari

Bunda, di saat Anda menerima kabar dari dokter kandungan bahwa Anda positif hamil tentu Anda merasakan kebahagiaan yang teramat sangat, apalagi jika kehamilan tersebut sudah Anda nanti-nantikan semenjak lama. Masa kehamilan Anda pada umumnya akan berlangsung selama 9 bulan, atau jika dihitung dalam hitungan hari maka kehamilan tersebut akan berlangsung selama 280 hari. Nah, tentunya beberapa dari Anda pun bertanya-tanya bagaimanakah cara mengetahui usia kehamilan dalam hari? Simak caranya di bawah ini yuk, Moms.

Tentunya sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengetahui usia kehamilan dalam hari, tidak hanya hal tersebut berguna bagi Anda untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan dari bayi Anda tetapi juga untuk membantu mendeteksi potensi terjadinya gangguan-gangguan kehamilan di tiap trimester.

Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mendeteksi usia kehamilan dalam hitungan hari adalah dengan menggunakan USG. Metode USG adalah metode pemeriksaan organ-organ tubuh dengan bantuan gelombang suara berfrekuensi tinggi. Metode ini merupakan metode umum yang sering digunakan oleh ibu hamil untuk mengetahui kondisi janin. Pemeriksaan kehamilan rutin dengan menggunakan USG sangatlah penting dan wajib dilakukan secara rutin, paling tidak sebanyak 3 kali, yaitu pada trimester awal, trimester kedua, dan trimester ketiga. Pemeriksaan USG juga wajib dilakukan apabila Anda mengalami gejala-gejala gangguan kehamilan.

Dan sesuai dengan perkembangan teknologi, saat ini USG tidak hanya tersedia dalam pemeriksaan USG 2 Dimensi saja. Kini, teknologi USG pun semakin berkembang dan menggunakan teknologi 3D hingga 4D. Kualitas gambar yang ditampilkan sudah tentu semakin jelas dan terlihat lebih nyata. Namun, USG 3D dan USG 4D pada umumnya tidak terlalu disarankan oleh dokter karena biaya yang harus Anda keluarkan tiap sesi sudah tentu jauh lebih mahal daripada jika Anda melakukan pemeriksaan USG 2 Dimensi. Pada umumnya USG 3D dan 4D disarankan oleh dokter ketika dokter mencurigai adanya kemungkinan terjadinya kelainan pada perkembangan janin. Selain itu, teknologi USG modern ini juga dapat mempermudah dokter dalam mendeteksi adanya kehamilan ektopik maupun adanya kelainan plasenta.

Selain dengan menggunakan metode USG, ibu juga dapat menggunakan metode penghitungan manual, yaitu dengan menghitung Hari Pertama Terakhir Haid (HPHT). Metode ini pada umumnya akan lebih mudah untuk diaplikasikan bagi Anda yang memiliki siklus menstruasi yang teratur.

Lalu, bagaimana nih cara mengetahui usia kehamilan dalam hari dengan menggunakan metode penghitungan HPHT? Rumus-nya ternyata tidak terlalu susah kok, Moms. Rumus penghitungan HPHT yang paling sering digunakan adalah rumus Neagele yang memungkinkan Anda untuk paling tidak memperkirakan hari perkiraan lahir.

Yuk, kita misalkan HPHT di rumus ini sebagai “x”, dengan bulannya sebagai “y”, dan tahun kehamilan sebagai “z”. Apabila bulan dari HPHT Anda menunjukkan angka lebih dari 3, maka ) – (y-3) – (x+1). Sebaliknya, jika HPHT Anda kurang dari 3, gunakan rumus (x+7) – (y+9) – (z).

Kalau dari penjabaran rumus itu pastinya banyak dari Anda yang belum merasa jelas, kan? Nah, mari kita gunakan permisalan seperti ini. Misalkan, HPHT Anda jatuh pada tanggal 20 Juni 2023, maka urutan angka yang dimasukkan ke dalam rumus adalah (20+7) – (4 – 3) – (23 +1). Hasil dari penghitungan tersebut menunjukkan perkiraan tanggal kelahiran anak Anda, yang jatuh di tanggal 27 Januari 2024. Sedangkan jika HPHT Anda jatuh di tanggal 1 Februari 2023, maka rumus yang digunakan adalah (1+7) – (2+9) – 23, dengan hasil 8 November 2023.

Demikianlah 2 cara mengetahui usia kehamilan dalam hari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Inilah Cara Mengetahui Usia Kehamilan Dalam Hari"