Bunda, Inilah Rekomendasi Makanan Untuk Ibu Hamil 4 Bulan

Makanan Untuk Ibu Hamil 4 Bulan

Moms, tanpa terasa Anda sudah menginjak usia kehamilan bulan ke-4, ya? Di usia kehamilan yang tergolong berada di tengah-tengah ini Anda tentu telah menyaksikan berbagai macam perkembangan yang telah diraih oleh janin Anda, dan setiap kali Anda melihatnya, tentu Anda mengharapkan agar janin Anda dapat terus berkembang dengan baik tanpa ada halangan kesehatan apapun, bukan? Nah, Anda dapat memberikan dukungan terbaik padanya dengan memperhatikan makanan untuk ibu hamil 4 bulan.

Mengapa sangatlah penting untuk memperhatikan makanan untuk ibu hamil 4 bulan? Karena di saat inilah janin Anda mengalami perkembangan organ-organ vital tahap awal, seperti organ pendengaran, penglihatan, serta perkembangan organ kelamin. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang tepat untuk mendukung perkembangan bayi Anda di usia kehamilan bulan ke-4 ini.

Salah satu makanan yang wajib Anda konsumsi adalah produk seafood, dalam hal ini ikan yang kaya akan omega 3 seperti ikan salmon, tuna, dan mackerel. Lemak omega 3 yang terletak di dalam ikan-ikan laut tersebut sangat berguna untuk membantu menutrisi sel-sel otak bayi yang masih dalam tahap perkembangan. Asupan omega 3 yang cukup dapat membantu mencegah bayi terkena gangguan kelainan otak, seperti autisme.

Namun konsumsi ikan laut juga perlu untuk diawasi secara seksama, karena ikan –ikan di atas pada umumnya juga mengandung zat polutan merkuri yang dapat membahayakan nyawa Anda dan janin. Tapi Moms tidak perlu khawatir karena selama Anda mengontrol konsumsi ikan laut secara sewajarnya maka Anda dan janin akan terhindar dari resiko terkena keracunan merkuri.

Di usia kehamilan bulan ke-4 ini bayi Anda akan menuntut lebih banyak nutrisi yang ada di dalam darah Anda, sehingga menyebabkan Anda terancam terkena anemia. Untuk mengurangi resiko terkena anemia atau penyakit kekurangan sel darah merah, Anda perlu mengkonsumsi makanan yang sarat akan zat besi, seperti kacang-kacangan, bayam, daging ayam tanpa lemak, pisang, labu, dan kurma.

Salah satu nutrisi penting yang tidak kalah pentingnya adalah asupan asam folat. Asam folat adalah nutrisi makanan yang dibutuhkan oleh janin Anda untuk menjamin perkembangan sel-sel tubuh bayi berlangsung dengan lancar. Kurangnya asupan folat berarti semakin membuat janin Anda berisiko terlahir dalam keadaan cacat. Nah, untuk memenuhi asupan asam folat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh janin Anda, Anda perlu memperbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan lentil.

Semoga informasi mengenai makanan untuk ibu hamil 4 bulan di atas bermanfaat bagi Anda dan janin Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Inilah Rekomendasi Makanan Untuk Ibu Hamil 4 Bulan"