Bunda, Ketahui 5 Prinsip Makan Saat Hamil ini

Bunda, Ketahui 5 Prinsip Makan Saat Hamil ini

Prinsip makan saat hamil – Saat sedang hamil bunda sangat berharap nanti saat bayi lahir dalam keadaan sehat. Agar bayi lahir sehat, bunda harus merawat janin yang ada dalam kandungan. Untuk menjaga dan merawat kesehatan janin hal yang harus dilakukan adalah menjaga pola makan.

Walaupun saat hamil sebagian orang akan mengalami peningkatan napsu makan namun ibu hamil tidak boleh melahap apapun yang disuka. Tetap ada pola makan yang harus dipatuhi oleh ibu hamil agar janin bisa tumbuh dengan sehat.

Untuk itu ibu hamil wajib memperhatikan prinsip makan saat hamil berikut. Baca juga : Inilah Khasiat Konsumsi Air Kelapa Saat Hamil

Prinsip makan yang baik saat hamil

1. Pola makan sehat
Prinsip makan saat hamil yang pertama yaitu menjaga pola makan sehat. Setiap wanita hamil memerlukan tambahan protein, vitamin, dan mineral seperti asam folat dan zat besi, dan kalori. Jika Anda terbiasa dengan pola makan minim nutrisi, mulailah mengonsumsi makanan bergizi sehat dan seimbang. Batasi konsumsi junk food karena zat gizi yang masuk nyaris tidak ada.

Anda disarankan agar menambah jumlah energi sebesar 180 kalori ekstra per hari pada trimester pertama dan 300 kalori ekstra per hari pada trimester kedia dan ketiga. Dan jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah.

2. Hindari makanan berbahaya
Ada beberapa makanan yang harus dihindari seperti daging dan telur mentah, keju lunak ,susu yang tidak di pasteurisasi, alkohol, dan juga kafein. Itulah prinsip makan saat hamil yang selanjutnya yang wajib diketahui ibu hamil

3. Hindari diet
Saat hamil bukan waktu yang tepat untuk diet karena hanya akan membahayakan ibu dan bayi. Diet selama hamil menyebabkan kurang vitamin, mineral dan lain-lain yang penting selama kehamilan. Pertambahan berat badan pada saat hamil merupakan salah satu tanda yang baik pada kehamilan yang sehat dan umumnya akan melahirkan bayi yang sehat pula.

4. Makan dengan porsi kecil
Prinsip makan saat hamil yang selanjutnya adalah makan dengan porsi kecil. Makan dengan porsi yang kecil namun di lakukan beberapa kali dianjurkan setiap empat jam. Ingat, meskipun bunda tidak lapar tapi bayi Anda membutuhkan makanan secara teratur. Hindari pula makanan pedas dan berminyak.

5. Minum air putih yang cukup
Air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh, untuk itu usahakan minum air 8 gelas sehari. Karena Anda butuh cairan yang cukup untuk diri sendiri dan juga bayi. 33% pertambahan berat badan pada kehamilan adalah cairan. Cairan di butuhkan untuk membangun sel darah merah bayi untuk sistem sirkulasinya cairan ketuban. Tubuh Anda juga perlu air selama kehamilan untuk mengatasi konstipasi dan mengatur suhu tubuh.

Dari informasi tentang prinsip makan saat hamil di atas tentunya bunda sudah mengerti bukan apa saja yang harus dimakan dan harus dihindari. Tetap semangat ya bunda untuk melahirkan bayi sehat.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Ketahui 5 Prinsip Makan Saat Hamil ini"