Bunda Wajib Tahu, Inilah Tips Hilangkan Stres Saat Hamil

Katalogibu – Stres saat hamil adalah masalah yang paling sering dialami ibu hamil, baik pada trimester awal, tengah hingga akhir. Kondisi ini memang sangat wajar, karena ibu hamil banyak mengalami berbagai perubahan. Seperti perubahan fisik, emosi dan mental, yang sering membuat ibu hamil tidak siap. Tentu saja masalah ini bisa menjadi penyebab keguguran dalam semua tahap trimester.

Stres saat hamil juga bisa memicu berbagai masalah, mulai dari masalah kesehatan ibu hingga kelangsungan hidup bayi di dalam kandungan. Sebab itu, ibu hamil sebisa mungkin menjauhi hal-hal yang membuatnya stress karena bisa memengaruhi janin yang dikandungnya. Agar kehamilan terasa terus menyenangkan, maka sebaiknya ketahui cara menghilangkan stress seperti berikut ini:

  1. Olahraga Rutin

Olahraga terbukti merangsang hormone seseorang untuk menjadi lebih bahagia. Sebab itu, jangan berhenti berolahraga saat hamil ya. Selain menyehatkan badan, olahraga juga berfungsi menyehatkan pikiran.

  1. Makanan Yang Bergizi

Ibu hamil juga harus mengkonsumsi makanan bergizi, agar tidak terkena stres. Cara ini akan membantu tubuh ibu hamil mendapatkan rasa nyaman yang sangat alami dan nutrisi ibu hamil dapat terpenuhi. Berbagai nutrisi bisa mengurangi tekanan, membuat kehamilan semakin nyaman dan tentu sangat baik untuk bayi dalam rahim.

  1. Meditasi

Meditasi bisa sangat membantu untuk menenangkan pikiran, sehingga bisa melepas stress saat hamil. meditasi juga merupakan salah satu terapi yang baik untuk kesehatan mental dan bermanfaat bagi ibu serta bayi.

  1. Lakukan Relaksasi dan Pijat

Bagi ibu hamil yang telah melewati tahap trimester rentan seperti trimester satu, maka bisa mencoba melakukan relaksasi atau pijat. Relaksasi atau pijat digunakan untuk cara menghilangkan stress saat hamil dan tubuh ibu hamil menjadi lebih segar. Namun pijat dan relaksasi juga harus dilakukan di tempat yang ahli dan bisa meminta rekomendasi dari dokter.

  1. Berbicara dengan pasangan

Ketika ibu hamil memiliki rasa cemas yang belebihan maka sangat penting untuk berbicara dengan pasangan. Peran suami saat istri hamil sangat penting karena membantu ibu hamil mengatasi rasa khawatir yang berlebihan.

  1. Hirup Udara Segar

Ibu hamil tidak harus berdiam diri dirumah. Ibu hamil juga harus keluar rumah dan menghirup udara segar di pagi hari. udara segar dan matahari bisa membantu ibu tetap sehat, sekaligus latihan untuk menggerakkan badan. Ketika ibu bugar maka bisa melakukan persalinan normal dengan sehat.

Itulah ulasan singkat mengenai stres saat hamil, semoga ini bermanfaat bagi calon ibu yang akan melahirkan. Untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, jagalah selalu kondisi kesehatan Anda dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan hindari hal-hal yang bisa memicu stres.

author
No Response

Leave a reply "Bunda Wajib Tahu, Inilah Tips Hilangkan Stres Saat Hamil"